Olahraga

Tidak ada kendala anggaran, Menpora pastikan PON 2024 tetap di Aceh dan Sumut

Tidak ada kendala anggaran, Menpora pastikan PON 2024 tetap di Aceh dan Sumut
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo mengikuti rapat kerja (raker) dengan Komisi X DPR RI di ruang sidang Komisi X, Senayan, Jakarta, Selasa (19/3/2024). FOTO : Kemenpora RI

 

POPULARITAS.COM – Rapat kerja komisi X DPR RI dengan Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Selasa (19/3/2024), soroti berbagai kesiapan pelaksanaan PON 2024, terutama terkait dengan ketersediaan anggaran dan aspek teknis lainnya. Saat rapat itu, para anggota parlemen pertanyakan keseriusan pemerintah dan kepastian apakah PON 2024 tetap digelar di Aceh dan Sumut.

Menpora Dito Ariotedjo saat rapat itu menegaskan bahwa, PON 2024 tetap akan digelar didua tempat, yakni Aceh dan Sumut. Ia juga menepis kekhawatiran terkait dengan anggaran untuk penyelenggaraan even olahraga berskala nasional tersebut.

“Gak ada, tidak ada kendala soal anggaran. Semua berjalan sesuai rencana,” katanya.

Menpora Dito menyatakan sudah mengundang Pj Gubernur Aceh beserta DPR Aceh (DPRA) dalam suatu pertemuan pada Maret. Dari pertemuan tersebut terjadi kesepakatan pihak legislatif dan eksekutif Aceh tetap mengawal dan mendukung PON.

“Dan Alhamdulillah per 18 Maret, DPR Aceh sudah mengetok APBA terkait pelaksanaan PON di Aceh 2024, jadi sudah tidak ada kebuntuan dan kebuntuan terkait anggaran lokal,” kata Menpora, seperti disiarkan dalam laman resmi Kemenpora RI, Selasa.

Kemenpora tetap memprioritaskan dan menggunakan sumber dana Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara (BA BUN) untuk penyelenggaraan PON secara keseluruhan. Sehingga, secara operasional dirasa relatif aman dan tidak mengganggu prestasi program-program lainnya.

“Memang perlu diakui ini merupakan PON perdana yang dilaksanakan dua provinsi sekaligus. Masing-masing provinsi memiliki kebanggaannya masing-masing. Aceh dan Sumut ingin dua-duanya sebagai penyelenggara yang adil,” ujar Menpora Dito.

Menpora juga mengingatkan bahwa selain PON, juga akan digelar Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) di kedua provinsi tersebut. Kemenpora tengah fokus melakukan koordinasi dengan berbagai instansi untuk memastikan keberhasilan ajang tersebut. Saya sampaikan PON dan Peparnas tetap di 2024,” tegas Menpora Dito.

Shares: