Kesehatan

Angka Stunting Aceh alami penurunan, Kepala Bappeda : Target penurunan hingga 14 persen di 2024

Angka Stunting Aceh alami penurunan, Kepala Bappeda : Target penurunan hingga 14 persen di 2024
Data pravelensi stunting di Indonesia berdasarkan survei kesehatan Indonesia (SKI) 2023

POPULARITAS.COM – Pemerintah Aceh menargetkan angka penurunan stunting pada 2024 capai 14 persen. Angka tersebut selaras dengan target yang ditetapkan secara nasional. Sesuai dengan Perpres Nomor 72 tahun 2021, Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) juga telah dibentuk. Langkah itu bagian dari ikhtiar untuk capai target yang telah ditetapkan.

Sejalan dengan Rencana Aksi Nasional Penurunan Angka Stunting (RAN PASTI), Pemerintah Aceh telah melakukan sejumlah tahapan, yakni, intervensi fokus pada pendataan keluarga berisiko stunting dan sekaligus intervensi secara spesifik dan sensitif untuk percepat penurunan angka stunting.

Dinas Kesehatan Aceh sendiri, telah mengeluarkan petunjuk teknis (juknis) terkait dengan program makanan tambahan (PMT) berbahan pangan lokal untuk balita dan ibu hamil dengan masalah gizi. langkah itu, diikuti dengan pemberian makanan tambahan berbasi pangan lokal untuk meningkatkan status gizi balita dan juga ibu hamil kurang energi kronis (Bumil KEK).

Berbagai langkah yang telah dijalankan oleh Pemerintah Aceh tersebut, terbukti secara efektif berhasil menurunkan angka stunting di daerah ini. Hal itu terlihat dari survei kesehatan Indonesia (SKI) tahun 2023 terhadap pravelensi stunting.

Berdasarkan survei itu, terdapat penurunan pravelensi stunting di Aceh sepanjang 2023 dibandingkan dengan data di tahun 2022.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bappeda Aceh, Teuku Ahmad Dadek, Selasa, (19/3/2024). 

Dadek menyebutkan, angka stunting  turun 1,8 persen, yaitu, dari 31,2 persen pada 2022 menjadi 29,4 persen pada tahun 2023. 

Secara nasional Aceh berada pada urutan ketujuh tertinggi. Peringkat tersebut lebih baik dibandingkan pada tahun 2022 yang berada pada posisi keempat tertinggi. 

“Meski masih tergolong tinggi, namun penurunan stunting di Aceh lebih baik jika dibandingkan dengan penurunan nasional,” kata Dadek. 

Penurunan stunting secara nasional hanya 0,1 % , dari 21.6% pada tahun 2022 menjadi menjadi 21,5% pada 2023. “Sementara target nasional tahun 2024 prevalensi stunting turun menjadi 14%, dan akan dievaluasi apakah dapat dicapai atau tidak,” pungkas Dadek. []

Shares: