News

Tiga Provinsi Ini Belum Miliki Pahlawan Nasional

POPULARITAS.COM – Direktur Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial Kementerian Sosial RI, Joko Irianto menyebutkan bahwa masih ada tiga provinsi di Indonesia yang belum memiliki pahlawan nasional.

“Ada 3 provinsi yang belum memiliki pahlawan yaitu Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah dan Kalimantan Utara,” ucap Joko dalam seminar Letnan Kolonel TNI (Purn) Teuku Abdul Hamid Azwar sebagai pahlawan nasional di Banda Aceh, Jumat (16/4/2021).

Joko mengungkapkan, sebelumnya ada dua provinsi lainnya yang nihil pahlawan nasional, yakni Maluku Utara dan Papua Barat. Namun, pada 2020 lalu, kedua provinsi itu dapat memenuhinya.

“Tahun lalu masih ada 5 provinsi sebetulnya (nihil pahlawan), namun dari Maluku Utara dan Papua Barat sudah dianugerah. Jadi sekarang tinggal 3 provinsi yang belum dianugerahi,” jelas Joko.

Joko berharap, bagi provinsi yang memiliki tokoh berperan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia agar dapat mengajukannya sebagai pahlawan nasional. Nantiya, usulan itu akan dikaji oleh tim.

“Tentunya usulan ini harus melewati serangkaian proses, termasuk persyaratan,” tutur Joko.

Untuk diketahui, pada 2020 lalu, Presiden Joko Widodo menganugerahi 6 pahlawan nasional di Indonesia. Mereka berasal dari Maluku Utara, Papua Barat, DKI Jakarta, Sulawesi Utara, Sumatera Utara dan Jambi.

Editor: dani

Shares: