News

Tiga tentara Rusia tewas tertimpa pecahan drone Ukraina

Tiga tentara Rusia dilaporkan tewas akibat tertimpa pecahan drone milik Ukraina yang berhasil ditembak jatuh. Perisitwa itu terjadi pada, Minggu (25/12/2022) di dekat pangkalan militer di Saratov, Rusia.
Tiga tentara Rusia tewas tertimpa pecahan drone Ukraina
Citra satelit menunjukkan Pangkalan Udara Engels di Saratov, Rusia, 4 Desember 2022. ANTARA/Maxar Technologies/HO via REUTERS/as

POPULARITAS.COM – Tiga tentara Rusia dilaporkan tewas akibat tertimpa pecahan drone milik Ukraina yang berhasil ditembak jatuh. Perisitwa itu terjadi pada, Minggu (25/12/2022) di dekat pangkalan militer di Saratov, Rusia.

Kantor berita Rusia mengutip keterangan Kementrian Pertahanan mengatakan, serangan terhadap fasilitas pangkalan militer merupakan hal kedua yang terjadi di bulan Desember 2022.

Saat peristiwa itu, terjadi, terang Reuters yang dikutip Antara, Minggu (25/12/2022), sebuah pesawat tanpa awak dengan terbang rendah mendekati fasilitas militer Rusia.

Kemudian, para tentara pertahanan udara, melakukan pelumpuhan, dan menembak jatuh pesawa itu. Akibatnya, tiga staf teknis militer Rusia yang berada di Pangkalan terluka parah.

Pangkalan di dekat Kota Saratov itu, yang berjarak sekitar 730 km tenggara Moskow dan ratusan km dari zona pertempuran di Ukraina, diserang pada 5 Desember.

Menurut Moskow, pesawat-pesawat nirawak Ukraina menyerang dua pangkalan udara Rusia pada hari itu.

Serangan kembar tersebut telah menodai reputasi Rusia dan menimbulkan pertanyaan kenapa pertahanannya mengalami kegagalan, kata sejumlah analis.

Serangan-serangan itu terjadi ketika perhatian beralih pada penggunaan drone dalam perang di antara dua negara bertetangga tersebut.

Ukraina hingga kini belum mengaku bertanggung jawab atas serangan-serangan di Rusia, tetapi pernah mengatakan bahwa insiden itu merupakan “karma” bagi invasi Rusia.

Kemhan Rusia mengatakan peralatan penerbangan mereka tidak mengalami kerusakan. Namun menurut laporan tidak resmi di akun-akun media sosial Rusia dan Ukraina, sejumlah pesawat hancur.

Shares: