Tim Liga Utama Jepang Urawa Reds menuju terbaik di Asia

POPULARITAS.COM – Urawa Red Diamonds yang merupakan tim peserta Liga Utama Jepang atau Meiji Yasuda J1 League 2022 terus menorehkan tren positif setelah sukses menjadi yang terbaik di bagan Wilayah Timur Liga Champions Asia 2022.

Praktis, tim yang berjuluk Akuma alias Setan Merah itu selangkah lagi bisa menjadi yang terbaik di Asia jika pada laga final Liga Champions Asia 2022 bisa mengalahkan wakil Wilayah Barat yang baru akan menjalani babak gugur pada Februari 2023.

Berdasarkan data yang dihimpun dari J.League di Jakarta, Kamis, Urawa Red Diamonds menjadi yang terbaik di Wilayah Timur setelah sukses mengalahkan wakil Korea Selatan, Jeonbuk Hyundai Motors lewat adu penalti, 3-1 setelah sebelumnya bermain imbang 2-2.

Urawa Red Diamonds berlaga pada Liga Champions Asia 2022 setelah menjadi juara Piala Kaisar Jepang 2021. Tim asal Prefektur Saitama itu melaju bersama tiga tim Liga Utama Jepang lainnya, Kawasaki Frontale, Yokohama F. Marinos, dan Vissel Kobe.

Sebagai juara Piala Kaisar 2021, Urawa Reds berhak langsung lolos ke babak grup Liga Champions Asia musim ini dan tergabung di Grup F bersama dengan Daegu FC (Korea Selatan), Lion City Sailors (Singapura), dan Shandong Taishan (Cina).

Karena pandemi, babak grup digelar di satu tempat di Buriram, Thailand,15-30 April lalu dan hasilnya Urawa Reds menang 4-1 atas Lion City Sailors (Singapura), 5-0 atas Shandong Taishan (Cina), kalah 0-1 vs Daegu FC (Korea Selatan), 0-0 lawan Daegu FC (Korea Selatan), 6-0 atas Lion City Sailors (Singapura) dan 5-0 atas Shandong Taishan (Cina).

Kekalahan dan hasil imbang dalam dua laga melawan Daegu FC, membuat Urawa Reds mengumpulkan poin 13, sama dengan Daegu. Urawa Reds harus rela jadi runner-up grup F karena kalah head-to-head dengan tim asal Korea Selatan tersebut. Meski begitu, tetap lolos ke babak gugur sebagai satu dari tiga runner-up terbaik di Wilayah Timur.

Pada babak gugur yang digelar di Jepang, 18-25 Agustus, Urawa Reds menang besar 5-0 atas wakil dari Malaysia, Johor Darul Ta’zim di 16 besar. Pada babak delapan besar, Urawa Reds kembali bertemu wakil Asia Tenggara, BG Pathum United asal Thailand, yang mereka kalahkan dengan skor 4-0.

Hasil ini membawa Urawa Reds lolos ke babak semifinal alias babak final Wilayah Timur Liga Champions Asia 2022, bertemu dengan wakil Korea Selatan, Jeonbuk Hyundai Motors. Bertanding di Saitama Stadium sukses menang 3-1 setelah sebelumnya bermain imbang 2-2.

Jepang merupakan negara tersukses kedua pada Liga Champions Asia dengan tujuh gelar, dengan Urawa Reds menjadi tim Jepang paling sering juara dengan dua gelar. Setan Merah sebelumnya pernah juara Liga Champions Asia pada 2007 dan 2017.

Dengan lolos ke final, Urawa Reds berpeluang menambah pundi-pundi tropi Liga Champions Asia. Sesuai dengan jadwal, partai final berlangsung dengan sistem kandang tandang pada 19 dan 26 Februari 2023. (ant)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.