News

Tips menulis berita yang SEO Friendly di Google

Media online atau sering disebut media siber saat ini sudah berkembang cukup pesat, hal itu juga tak jauh dengan tumbuh kembangnya smartphone dan internet di kalangan masyarakat.
CEO Promedia Punggawa Satu (ProPS), Ilona Juwita, saatmemaparkan materi dalam program Fellowship Jurnalisme Pendidikan (FJP) Batch IV2022. diselenggarakan Gerakan Wartawan Peduli Pendidikan.

POPULARITAS.COM – Media online atau media siber kini berkembang cukup pesat. Hal tersebut tak lepas dari pengaruh berkembangnya smartphone dan internet di kalangan masyarakat.

CEO Promedia Punggawa Satu (ProPS), Ilona Juwita menyebutkan, tak sedikit media cetak kini mulai fokus mengelola media siber. Terkait hal itu, Search Engine Optimization (SEO) dan media online tentunya dua hal yang tidak dapat dipisahkan.

Kata Ilona, SEO memiliki peranan penting dalam media online agar artikel berita muncul di halaman satu Google, tentu hal ini tidaklah mudah. Menurutnya, ada beberapa indikator yang dapat membuat suatu konten menjadi SEO Friendly.

“Ada tiga langkah yang dapat dilakukan,” kata Ilona secara virtual dalam program Fellowship Jurnalisme Pendidikan (FJP) Batch IV 2022 diselenggarakan Gerakan Wartawan Peduli Pendidikan, berkolaborasi dengan PT Paragon Technology and Innovation, belum lama ini.

Pertama, dengan cara crawling yaitu tahapan di mana mesin pencarian Google. Menjelajah ribuan situs untuk menemukan link atau halaman yang ada di internet. Di tahap ini robot dari Google melakukan seleksi dan mengumpulkan informasi konten terbaik dari ribuan konten  yang ada di internet.

“Proses crawling ini sangat dibutuhkan kecepatan website, meta data SEO, kata kunci, dan site map, selanjutnya ada namnya Indexing, konten terbaik hasil identifikasi Google tadi dikumpulkan dan disimpan dalam sebuah database, lalu proses selanjutnya tahapan ranking, di mana mesin pencarian Google mengurutkan halaman paling relevan dan berkualitas hingga yang paling tidak relevan,” sebutnya.

Kemudian, Google bekerja mengurutkan konten yang menarik masuk ranking. Pada langkah rangking itu, katanya, perlu dicermati soal pemetaan kata kunci, kualitas konten baik, serta membangun komunitas yang baik dari banyak media online.

“Tentu hal itu tidak mudah apabila konten kita masuk ke halaman satu Google, tetapi jika media sudah tau kata kuncinya dan berhasil meraih rangking itu maka akan seterusnya mudah mendapatkan rangking tersebut, maka SEO harus memiliki konten sangat bagus, lain dari yang lain untuk capainya,” katanya.

Ilona menjelaskan, banyak di internet tulisan atau konten yang bagus namun masih minim sekali dibacakan orang, hal itu disebabkan banyak yang belum memahami cara kerja Google. Karena proses crawling yang harus diperhatikan adalah kecepatan website, meta data SEO. Tampilan website, kondisi server juga harus diperhatikan.

“Sedangkan pada penulisan headline, disarankan juga memasukan kata kunci yang sedang menjadi trending topik tadi, kemudian memasukkan judul SEO sesuai headline berita dan pilih kata yang mengundang minat pembaca,” pungkasnya.

Shares: