NewsTeknologi

TMMIN pastikan pasokan Vios aman, tepis rumor setop produksi

TMMIN pastikan pasokan Vios aman, tepis rumor setop produksi
Toyota Vios (ANTARA/HO)

POPULARITAS.COM – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menyatakan bahwa pasokan Vios masih tersedia, menepis kabar bahwa sedan yang mengaspal sejak 2003 itu akan berhenti diproduksi di Indonesia.

“Bersama dengan TAM, kami memastikan pasokan model Vios untuk konsumen terjaga. Selain itu kami akan memberitahukan kepada teman-teman media pada waktunya,” ujar Direktur Corporate Affairs TMMIN Bob Azam dalam keterangannya pada Rabu (3/8/2022).

Pernyataan TMMIN menepis video yang beredar di media sosial, menampilkan sebuah sedan dan tulisan “Sayonara Vios”, namun tanpa keterangan di mana lokasi video itu diambil.

Vios merupakan sedan penerus Toyota Soluna yang awalnya didatangkan secara utuh atau completely built up (CBU) dari Thailand pada 2003. Seiring berjalannya waktu dan penggunaan Vios untuk armada taksi dengan nama Limo, Toyota Indonesia memproduksi sedan itu mulai 2013 di pabrik Karawang, Jawa Barat.

Hingga saat ini Toyota masih mencatatkan penjualan untuk Vios. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) sepanjang semester satu 2022, Toyota telah memproduksi lebih dari 17 ribu unit Vios.

Sejak diperkenalkan pada 2003 hingga kini, Vios telah lahir dalam tiga generasi dan versi facelift yang hadir di Indonesia sejak 2018.

Vios juga menjadi salah satu model yang diekspor Toyota Indonesia bersama Kijang Innova, Fortuner, Sienta, Veloz, Avanza, Rush, Lite Ace/Town Ace, Agya, dan Raize ke puluhan negara di kawasan Asia Pasifik, Afrika, Amerika Latin, dan Timur Tengah. (ant)

Shares: