News

TNI-Polri pastikan bandara Dekai kembali aman untuk penerbangan

Penumpang yang menggunakan pesawat Trigana dari Dekai menuju Jayapura, Rabu (5/4/2023). (ANTARA/HO/Humas Polda Papua)

POPULARITAS.COM – Kapolres Yahukimo AKBP Arief Kristanto mengatakan, TNI-Polri mengamankan Bandara Nop Goliat Dekai, ibukota Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan.

Operasional Bandara Dekai, Rabu (5/4/2023) kembali normal dan pesawat Trigana Air kembali melayani penerbangan Jayapura-Dekai-Jayapura.

“Memang benar mulai Rabu (5/4) Trigana kembali melayani penerbangan ke Dekai dengan menggunakan pesawat jenis ATR 42-500 ,” kata Kristianto, dikutip dari laman Antara, Kamis (6/4/2023).

Diakui, Polres Yahukimo bekerjasama dengan TNI siap menjamin keamanan dan aktivitas penerbangan.

“Kami siagakan personel di Bandara Nop Goliat Dekai, untuk memberi keamanan selama ada aktivas penerbangan,” kata AKBP Kristanto.

Ditambahkan, selain Trigana, perusahaan penerbangan Wings Air juga akan kembali melayani penerbangan ke Dekai mulai Senin (10/4).

Dengan kembali beroperasinya kedua maskapai diharapkan kegiatan operasional di bandara Dekai kembali normal, harap Kapolres Yahukimo AKBP Kristanto.

Deputy Area Manager Papua Trigana Air Ahmad Irwan Rochendi secara terpisah kepada Antara di Sentani, mengaku, pesawat yang dioperasikan untuk terbang ke Dekai adalah jenis ATR termasuk untuk cargo.

Untuk penumpang Trigana mengoperasikan ATR 42-500 yang mengangkut 43 orang penumpang, sedangkan untuk cargo menggunakan ATR 72-500, jelas Irwan.

Pesawat Boeing 737-500 milik Trigana yang mengangkut 66 penumpang, tanggal 11 Maret lalu ditembak KKB sesaat setelah take off dari Bandara Not Goliat Dekai.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut dan pesawat mendarat dengan selamat di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, namun Trigana Air menghentikan penerbangan dari dan ke Dekai yang diikuti dengan maskapai Wings Air.

Shares: