Ekonomi

Tokopedia catat penjual di Aceh meningkatkan di ShopTokopedia

Tokopedia catat penjual di Aceh meningkatkan di ShopTokopedia

POPULARITAS.COM – Tokopedia mencatat pada periode Maret-Mei 2024, jumlah penjual di Aceh meningkat 1,5 kali lipat menjual produknya lewat ShopTokopedia. Hal serupa juga terjadi di daerah lainnya, yakni Jawa Tengah, Bali, banten, dan Jawa Timur, serta Bengkulu.

Sementara itu, perusahaan teknologi itu juga mencatat terjadi kenaikan jumlah pembeli sebesar 1,5 kali lipat, yakni dari Papua Tengah, Maluku dan Papua Pegunungan.

Kenaikan pembelian produk di ShopTokopedia kebanyakan produk-produk fashion muslim, tas, hingga bawahan pria masih jadi incaran masyarakat di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Director of Corporate Affairs Tokopedia and ShopTokopedia, Nurzaini Razak dalam keterangannya, Kamis (13/6/2024) di Jakarta.

“Ada kenaikan pembelian produk dan yang paling hits di Tokopedia fashion muslim,” katanya dikutip dari laman Antara.

Adapun secara lebih detail produk fashion yang paling dicari selama semester I 2024 di antaranya dress atau gaun muslim, perlengkapan ibadah, outerwear atau luaran wanita, atasan muslim seperti tunik, dan pakaian muslim pria seperti sarung dan baju koko.

Dari produk tas yang juga bagian dari kategori fashion, selama semester I 2024 dibandingkan semester II 2023 di Tokopedia tercatat bahwa pelanggan mencari paling banyak tas selempang, diikuti tote bag, shoulder bag, dompet, dan tas ransel.

Membahas kinerja ShopTokopedia di semester I 2024, kategori fashion juga termasuk yang menjadi produk dengan transaksi tertinggi dibandingkan semester II 2023.

Adapun kategori lainnya yang mendapatkan popularitas dan transaksi tertinggi selain fashion di ShopTokopedia ialah kategori peralatan rumah tangga dan camilan.

Selama periode semester I 2024, ketiga kategori favorit itu berhasil mencatatkan peningkatan transaksi rata-rata hampir 2,5 kali lipat dibanding semester II 2023. 

Menurut Nuraini, hal yang menarik dari kinerja kategori fashion di ShopTokopedia terlihat dari spesifiknya produk yang dicari.

Adapun produk fashion yang paling banyak dicari dan dilakukan transaksi selama enam bulan pertama di 2024 mencakup bawahan wanita seperti rok, lalu bawahan pria seperti celana pendek, dan baju tidur wanita.

Khusus untuk kategori fashion di ShopTokopedia rata-rata peningkatan transaksi terjadi hingga 2 kali lipat untuk masing-masing produk di semester I 2024 jika dibandingkan dengan semester II 2023.

Tokopedia juga turut mencatatkan adanya hal menarik lainnya selama semester I 2024, yaitu kenaikan yang signifikan baik dari jumlah pelanggan maupun penjual yang bergabung di Tokopedia dan ShopTokopedia.

“Dari sisi penjual, di Tokopedia, jumlah penjual naik lebih dari 2 juta, dari lebih dari 12 juta pada 2022 menjadi lebih dari 14 juta pada 2023. Sedangkan di ShopTokopedia, jumlah penjual pada 2023 naik hampir 20 persen menjadi lebih dari 7 juta pada tahun 2024,” kata Nuraini.

Shares: