News

Total bantuan AS ke Ukraina sejak perang capai Rp403,1 triliun

Departeman Pertahanan Amerika Serikat (AS) menyebutkan, sejak invasi Rusia ke Ukraina, negaranya telah menggelontorkan bantuan ke negeri yang di pimpin Presiden Vladimyr Zelensky itu mencapai Rp403,1 trilun, atau 27,2 miliar dolar AS.
Joe Biden dijadwalkan bertemu Presiden Ukraina
Presiden AS Joe Biden (kanan) bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (kiri) di Gedung Putih di Washington DC, Amerika Serikat, pada 21 Desember 2022. (Xinhua/Liu Jie)

POPULARITAS.COM – Departeman Pertahanan Amerika Serikat (AS) menyebutkan, sejak invasi Rusia ke Ukraina, negaranya telah menggelontorkan bantuan ke negeri yang di pimpin Presiden Vladimyr Zelensky itu mencapai Rp403,1 trilun, atau 27,2 miliar dolar AS.

Dikutip dari laman resmi Kementrian Pertahanan AS yang dilansir Antara, dalam waktu dekat, negeri Paman Sam itu juga akan memberikan tambahan bantuan militer senilai Rp2,5 miliar dolar, atau Rp37,73 triliun untuk pemenuhan kebutuhan keamanan, dan pertahanan Ukraina.

Paket bantuan yang baru itu mencakup tambahan amunisi sistem rudal darat ke udara (NASAMS) dan sistem pertahanan udara Avenger untuk membantu Ukraina melawan berbagai ancaman jarak pendek maupun menengah serta memperkuat pertahanan udara negara tersebut.

Tambahan bantuan juga meliputi 59 kendaraan tempur infanteri Bradley (Bradley IFV) dan 90 kendaraan lapis baja Stryker untuk mengangkut personel militer, demikian dilaporkan kantor berita Turki, Anadolu.

“Serangan udara terbaru Kremlin terhadap infrastruktur penting Ukraina sekali lagi menunjukkan dampak yang menghancurkan dari perang brutal Rusia di Ukraina,” kata Departemen Pertahanan Amerika Serikat dalam laman resminya.

 

Editor : Hendro Saky

Shares: