News

Tujuh kecamatan di Aceh Barat terendam banjir

Banjir merendam sejumlah desa di 7 kecamatan dalam Kabupaten Aceh Barat pada Selasa (21/12/2021). Banjir mulai memasuki pemukiman warga sekitar pukul 03.00 WIB.
Banjir di Aceh Barat, Selasa (21/12/2021). (Ist)

POPULARITAS.COM – Banjir merendam sejumlah desa di 7 kecamatan dalam Kabupaten Aceh Barat pada Selasa (21/12/2021). Banjir mulai memasuki pemukiman warga sekitar pukul 03.00 WIB.

Tujuh kecamatan itu yakni Woyla Timur, Woyla Barat, Meureubo, Johan Pahlawan, Kaway XVI, Arongan, dan Woyla Induk.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas mengatakan, ketinggian air di badan jalan mencapai 1 meter. Petugas BPBD Aceh Barat masih melakukan pendataan desa-desa yang terdampak banjir.

“Data sementara ada 9 desa yang terdampak banjir,” kata Ilyas dalam keterangannya, Selasa (21/12/2021).

Sembilan desa itu, lanjut Ilyas, yaitu Gampong Lung Male, Napai, Alue Leuhop, Blang Cot Mameh, Pasi Male, Cot Rambong, Blang Luah dan Blang Cot Rubek yang berada di Kecamatan Woyla Barat.

“Kemudian, Gampong Cot Keumeude di Kecamatan Woyla Induk,” tutur Ilyas.

Dia menambahkan, desa-desa terdampak banjir di Kecamatan Woyla Timur, Meureubo, Johan Pahlawan, Kaway XVI, dan Arongan, masih dilakukan pendataan.

Kata Ilyas, berdasarkan informasi yang diterima Pusdalops BPBA menyebut bahwa banjir terjadi akibat hujan di Kabupaten Aceh Barat.

Sehingga, terang dia, mengakibatkan meluapnya air sungai sehingga mengenangi permukiman warga dan badan jalan .

Ilyas mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, sedangkan untuk korban terdampak dan dampak material yang diakibatkan masih dalam tahap pendataan.

“Hingga saat ini banjir belum surut, namun belum ada warga yang mengungsi,” kata Ilyas.

Shares: