NewsSepakbola

UEFA batalkan pertandingan kualifikasi di Israel buntut serangan Hamas

Jumlah korban dipihak Israel capai 1.000 orang akibat serangan Hamas
Roket diluncurkan oleh kelompok militan Palestina Hamas dari Jalur Gaza menuju Israel, di Gaza, Sabtu, 7 Oktober 2023. (AP)

POPULARITAS.COM – Buntut kekacauan dalam negeri Israel akibat serangan Hamas, Sabtu (7/10/2023), EUFA putuskan sejumlah pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2024 ditunda sementara waktu.

Pertandingan Israel dan Swiss yang semula akan dimainkan di Tel Aviv, Kamis 12 Oktober 2023, akan dijadwalkan kemudian sampai situasi membaik.

Penundaan tersebut juga mencakup pertandingan kualifikasi Euro 2025 U-21 Israel melawan Estonia (12 Oktober) dan Jerman (17 Oktober), serta turnamen mini kualifikasi Euro 2024 U-17 antara Israel, Belgia, Gibraltar, dan Wales yang dijadwalkan pada 11-17 Oktober.

“Mengingat situasi keamanan saat ini di Israel, UEFA telah memutuskan untuk menunda semua pertandingan yang dijadwalkan di Israel dalam beberapa minggu ke depan dengan tanggal baru yang akan dikonfirmasi pada waktunya,” kata UEFA dalam sebuah pernyataan, Minggu (9/10/2023) dikutip dari laman beritasatu.com 

UEFA menambahkan pihaknya akan menilai apakah pertandingan Israel berikutnya di Kosovo pada 15 Oktober dapat berjalan sesuai rencana.

Selain sepak bola, serangan Hamas juga berdampak pada pertandingan bola basket di Eurocup antara Hapoel Shlomo Tel Aviv dan Wolves Vilnius pada 11 Oktober, dan Euroleague sehari kemudian antara Playtika Tel Aviv dan EA/Emporio Armani Milan ditunda.

“Euroleague Basketball sedang memantau situasi dan akan mengevaluasi bersama tim yang terkena dampak mengenai opsi terbaik untuk menjadwal ulang pertandingan berdasarkan tanggal yang tersedia,” kata pernyataan itu.

Di cabang olahraga handball, pertandingan kualifikasi Euro 2024 putri Israel mendatang melawan Slovakia dan Jerman juga tidak akan dimainkan.

Editor : Hendro Saky

Shares: