News

Berikut prakiraan cuaca di Tanah Air hari ini

BMKG sebut Aceh berpotensi hujan
Pengendara melintasi jalan yang tergenang saat hujan di Jalan Raya Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (17/11/2022). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar wilayah Indonesia diliputi cuaca cerah berawan pada Senin (9/10/2023) hari ini.

Dalam laman resmi BMKG yang dikutip Antara, kondisi cuaca cerah berawan diprakirakan akan meliputi sejumlah kota seperti Bengkulu, Bandar Lampung, Padang, dan Medan.

Adapun cuaca berawan, diprakirakan terdapat di Banda Aceh dan Pekanbaru, sedangkan hujan diprakirakan akan turun di Jambi dan Tanjung Pinang dengan intensitas ringan, serta Palembang dengan intensitas sedang.

Di Jawa dan Nusa Tenggara, cuaca cerah berawan diprakirakan akan meliputi Jakarta, Yogyakarta, Semarang, dan Mataram.

Adapun cuaca cerah, diprakirakan terdapat di Surabaya, Denpasar, dan Kupang. Sedangkan cuaca berawan diprakirakan terjadi di Bandung dan Serang.

Beralih ke Pulau Kalimantan, cuaca cerah berawan diprakirakan akan meliputi Samarinda dan Tarakan. Adapun cuaca berawan, diprakirakan terjadi di Palangkaraya. Sedangkan hujan lebat diprakirakan turun di Pontianak, serta Banjarmasin dengan disertai petir.

Selanjutnya di Sulawesi dan Indonesia Timur, cuaca cerah berawan diprakirakan akan meliputi Gorontalo, Ambon, Manokwari, dan Mamuju. Adapun cuaca cerah, diprakirakan terjadi di Makassar dan Kendari. Sedangkan cuaca berawan diprakirakan terjadi di Jayapura, Ternate, dan Manado.

Terkait potensi musim hujan, Sub Koordinator Bidang Analisis dan Informasi Iklim BMKG Amsari Mudzakir Setiawan telah mengatakan sejumlah daerah seperti Sumatera Selatan, Lampung, sebagian besar Banten, Jakarta, Jawa Barat, sebagian besar Jawa Tengah, sebagian Jawa Timur, Bali, sebagian kecil NTB, sebagian kecil NTT, Sulawesi Utara, Gorontalo, sebagian Sulawesi Tengah, sebagian besar Sulawesi Selatan, Maluku Utara bagian utara, dan Papua Selatan bagian selatan diprakirakan akan memasuki musim hujan pada November ini.

Sedangkan sebagian besar Jawa Timur bagian utara, sebagian wilayah NTB, sebagian NTT, sebagian besar Sulawesi Tenggara diprakirakan baru memasuki musim hujan pada Desember ini.

“Puncak musim hujan 2023-2024 umumnya diprediksi akan terjadi pada bulan Januari-Februari 2024 di 385 ZOM (Zona Musim) atau sebanyak 55,1 persen di Indonesia,” kata Amsari.

Shares: