News

UIN Ar-Raniry pamer enam karya inovasi mahasiswa di Jakarta

UIN Ar-Raniry pamer enam karya inovasi mahasiswa di Jakarta
UIN Ar-Raniry pamer enam karya inovasi mahasiswa di Jakarta. Foto: Arkin

POPULARITAS.COM – Enam karya inovasi mahasiswa yang berhasil masuk final pada kegiatan lomba karya inovasi Olimpiade Agama, Sains, dan Riset (OASE) PTKI II Se-Indonesia 2023 dipamerkan pada pameran Stand Expo Produk Karya Inovasi mahasiswa.

Kegiatan tersebut berlangsung mulai tanggal 14-17 Juni 2023 yang dipusatkan di Hall Student Center UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Cabang produk karya inovasi tersebut di antaranya literasi dan inovasi teknologi, produk halal dan ketahanan pangan, sosial keagamaan, design dan arsitektur Islam serta robotik dan programing.

Ketua Kontingen UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Analiansyah menjelaskan bahwa seluruh produk karya inovasi mahasiswa yang dipamerkan telah melalui seleksi panjang yang dilakukan oleh dewan juri OASE PTKI II Se-Indonesia 2023 pada tanggal 22-26 Mei 2023 lalu.

Lebih lanjut, Analiasyah menjelaskan bahwa selain memperlombakan babak final sesuai cabang lomba, OASE PTKI II juga menggelar Stand Expo Produk Karya Inovasi. Adapun penilaian Stand Pameran Produk Karya Inovasi diantaranya kelengkapan substansi stand, tampilan umum stand, performance produk inovasi, dan kreativitas dalam menarik Pengunjung.

“Ada 6 karya inovasi mahasiswa yang berhasil lolos ke final pada OASE PTKI II dan dipamerkan di stand expo dari 5 cabang lomba produk karya inovasi yang lolos ke final,” kata Analiansyah, Rabu (14/6/2023).

Seperti yang diberitakan sebelumnya, kontingen Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry pada Olimpiade Agama Sains dan Riset (OASE) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) ke II tahun ini berhasil meloloskan ke final sepuluh cabang lomba.

Kesepuluh cabang lomba tersebut, yakni lomba sains pada studi Fisika, Literasi Inovasi Teknologi, Produk Halal dan Ketahanan Pangan, Sosial Keagamaan, Desain arsitektur Islam, Robotik dan Programming, Debat Bahasa Arab, Debat Bahasa Inggris, Musabaqah Qiraatul Kutub dan Musabaqah Fahmil Al-Qur’an.

Sementara itu, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Dr Saifullah MAg mengatakan bahwa pelaksanaan Olimpiade Agama, Sains, dan Riset (OASE) PTKI II Se-Indonesia 2023 merupakan wadah bagi para mahasiswa dan dosen untuk bersinergi dan berkolaborasi guna berkreasi serta berinovasi untuk membuat karya yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Produk yang dihasilkan mahasiswa dan lolos pada final OASE PTKI II di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini merupakan bagian dari inovasi yang dihasilkan para mahasiswa dan dosen sebagai bagian implementasi tri dharma perguruan tinggi,” ujar Prof Dr Saifullah MAg di sela-sela meninjau stand expo di Hall Student Center UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Rabu (14/6).

Shares: