News

UKM Sumberpost Latih Mahasiswa Tentang Jurnalistik

Pemateri memaparkan materi kepada peserta PJTD Sumberpost di Aula Fakultas Saintek UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Sabtu, 7 Desember 2019. (Istimewa)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKPM) Sumberpost UIN Ar-Raniry mengadakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) 2019 di Aula Fakultas Sains dan Teknologi kampus setempat, Sabtu, 7 Desember 2019.

Pelatihan bertema Jurnalisme dari Mata Milenial itu menghadirkan empat pemateri, yaitu Nova Misdayanti (Video Jurnalis Kompas TV), Fuadi Mardhatillah (Wartawan Waspada Aceh), Idrus (Print Maker/Perupa) dan Hotli Simajuntak (Fotografer European Pressphoto Agency).

Pimpinan Umum UKPM Sumberpost, Indra Wijaya mengatakan, pelatihan tersebut diadakan untuk meningkatkan kemampuan para milenial terutama pers mahasiswa dalam menyampaikan aspirasi melalui karya jurnalistik.

“Kita angkat tema seperti ini agar pers mahasiswa punya skill yang baik dalam penyampaian aspirasi,” jelas Indra.

Sementara, Ketua Panitia Pelaksana, Nur Afni mengatakan, melalui pelatihan ini diharapkan agar peserta mendapat ilmu yang bermanfaat dan berguna serta bisa mengasah keterampilan yang dimiliki. Menurutnya, pada zaman sekarang mahasiswa bukan hanya membutuhkan IPK tinggi, tetapi juga keterampilan yang mumpuni.

“Semoga seluruh peserta yang ikut pelatihan, ilmunya dapat berguna,” harap Nur Afni.

Sebelumnya, saat membuka acara, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Ar-Raniry, Saifullah mengatakan, ia siap membantu para mahasiswa untuk menerbitkan serta mencetak karya tulis yang dihasilkan.

“Kalau kalian ada karya, bisa kasih saya supaya diterbitkan,” ujar dia.

Pelatihan ini berlangsung selama dua hari, 7 sampai 8 Desember 2019 dengan diikuti 57 peserta dari berbagai lembaga pers se-Banda Aceh, masyarakat umum, anggota magang dan anggota tetap Sumberpost.*(C-008)

Shares: