News

Ulama Al Azhar safari dakwah ke Aceh

Ulama Al Azhar safari dakwah ke Aceh
Syeh Hisyam Kamil al Hamid al Azhary. Foto: dok. pribadi

POPULARITAS.COM – IKAT Aceh undang ulama Al Azhar safari dakwah ke Aceh. Safari dakwah ini akan digelar selama tiga hari, 10-12 September 2023 dan akan berfokus di Barat Selatan Aceh.

Dalam hal ini IKAT Aceh mengundang Syeh Hisyam Kamil al Hamid al Azhary, salah satu ulama besar Kebangsaan Mesir yang berguru langsung pada Syeh Ali Jumu’ah, mantan Mufti Mesir.

Safari dakwah akan dimulai pada Minggu, 10 September dengan berkunjung ke Pesantren Insan Qurani, Aneuk Bate, Aceh Besar untuk menghadiahkan tiga sanad kitab beliau yang menjadi acuan pesantren dalam mengajar.

Selanjutnya, ulama kelahiran Shubra, Mesir ini langsung bertolak ke Meulaboh dalam rangka menghadiri Haul Abuya H. Muhammad Nasir Waly di kompleks Dayah Serambi Makah. Dalam kunjungan tersebut, ia juga akan mengisi kajian hadis.

Pada pagi selanjutnya, ia akan bersilaturahmi ke Pesantren Ruhul Qurani, Meulaboh dan mengisi Daurah Hadis Arba’in An-Nawawiyah. Pada daurah ini, Syeh juga akan membacakan dan memberikan sanad ‘am kepada seluruh peserta yang berhadir.

Selanjutnya, Safari dakwah akan dilanjutkan di Dayah Istiqamatuddin Babul Ma’arif Serambi Aceh dalam rangka mengisi kajian kitab “Syamail Muhammadiyah”. Kitab ini merupakan salah satu kitab yang pernah beliau kaji dan melahirkan karya syarahan beliau “Isytiraqat As-Saniyah”.

Usai menghabiskan dua hari di Meulaboh, pada hari Syeh akan bersilatuirahmi ke kediaman Abuya Mawardi Waly Al Khalidy, Pimpinan Pesantren Darussalam Labuhan Haji yang didirikan oleh Abuya Syeh Muda Waly Al Khalidy, Bapak Pendidikan Aceh.

Silaturahmi tersebut juga menjadi titik balik histroris perjalanan keilmuan Abuya Mawardi Waly sebagai mahasiswa Al Azhar, Kairo dan Almarhum Abuya Muhibbudin Waly sebagai mahasiswa Aceh pertama yang mendapat gelar doktor dari Universitas Al-Azhar, Kairo pada tahun 1969.

Di hari yang sama, ia juga akan langsung  bertolak ke Banda Aceh menuju Dayah Madani al-Aziziyah dalam rangka bersilaturahmi dangan Abiya Hatta. Kunjungan ini sekaligus menjadi pengerat ukhwah Kembali, mengingat Abiya Hatta juga merupakan Alumni Universitas Al Azhar yang saat ini menjabat sebaga wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh.

Katua IKAT Aceh, Khalid Mudatstsir menegaskan bahwa Undangan safari dakwah Syeh Hisyam Kamil Al Azhari ini merupakan bentuk komitmen IKAT Aceh sebagai lembaga yang berbasis Dakwah Islam.

“IKAT dikenal oleh publik sebagai lembaga Berbasis Dakwah Islam. IKAT berkomitmen untuk berbuat dan berbagi kebaikan untuk Seuramoe Makah,” ujar Khalid dalam keterangannya, Sabtu (9/9/2023).

Khalid juga menambahkan, Syeh Hisyam dikenal sangat dekat dengan mahasiswa asing yang menuntut ilmu di Al-Azhar Mesir.

“Syeh Hisyam dikenal dengan keilmuannya dan beliau dekat dengan mahasiswa asing di Mesir, beliau juga pernah mengajar Fikih di Meuligoe KMA Mesir,” ungkapnya.

Selain itu, Ketua Panitia Safari Dakwah, Tgk. Mujtahid menyampaikan harapannya agar momentum safari dakwah ini menjadi ajang meningkatkan semangat keilmuan masyarakat Aceh sekaligus pengerat keilmuan antara Al Azhar dan Aceh.

“Mudah-mudahan dengan kedatangan ulama al Azhar dapat meningkatkan semangat keilmuan Masyarakat Aceh secara umum serta para alumni al Azhar secara khusus. Dan kunjungan kali ini sebagai wujud mengeratkan Kembali hubungan keilmuan antara Aceh dan al-Azhar, di mana Dayah Darussalam merupakan salah satu dayah tertua di Aceh dan pelopor pendidikan masyarakat Aceh ke Timur Tengah,” katanya.

Shares: