News

Unsyiah Bakal Bangun Kampus di Aceh Besar

Bupati Aceh Besar Mawardi | Antara News

BANDA ACEH (popularitas.com) – Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Banda Aceh menyatakan akan membangun Kampus II sekitar Kampung Perumahan Persahabatan Indonesia-Tiongkok, Neuheun, Kecamatan Masjid Raya, Aceh Besar.

“Saat ini Unsyiah sudah memasuki tahap finishing awal yang salah satu targetnya adalah perizinan dari kementerian,” kata Wakil Rektor I, Prof Marwan di Banda Aceh, Minggu, 17 Maret 2019.

Ia menjelaskan Unsyiah telah menyusun rencana pembangun kampus baru dan rencananya akan diserahkan secara langsung dari Presiden kepada Unsyiah

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat segera mendapatkan persetujuanÿ dari pemerintah pusat. Tempat ini akan menjadi bagian pengembangan Unsyiah di masa mendatang,” katanya.

Bupati Aceh Besar Mawardi Ali mengatakan, pihak Pemerintah kabupaten Aceh Besar sangat mendukung pendirian Kampus II Unsyiah tersebut dan pihaknya telah menggelar rapat bersama unsur Muspika Aceh Besar untuk rencana pembangunan di atas lahan seluas 1.500 hektar tersebut.

“Kita pada prinsipnya sangat mendukung, karena lokasi tersebut merupakan tanah HGU yang terkesan ditelantarkan. Jadi kalau untuk kampus sangat bagus untuk pengembangan,” katanya.

Pemkab Aceh Besar juga telah memberikan rekomendasi serta mengatur kembali tata ruang di kawasan tersebut, di mana tidak ada lagi aktivitas apa pun di kawasan ini,ÿsehingga bisa benar-benar dimanfaatkan sebagai kawasan pendidikan.

“Kawasan ini sudah kita tutup untuk ruang-ruang lain, seperti untuk galian C atau pertambangan industri. Semua tidak boleh lagi , karenaÿ kita sudah sepakat bahwa ini sebagai kawasan pendidikan Unsyiah,” katanya.

Mawardi mengatakan pendidikan menjadi salah satu program prioritas dari Pemerintah Kabupaten Aceh Besar dan pihaknya berharap pendirian kampus tersebut memberikan manfaat bagi daerah setempat.

“Kami mengajak semua komponen masyarakat untuk mendukung rencana pendirian kampus ini dan mudah-mudahan supaya akses pendidikan dapat berjalan dengan baik,” katanya.*

Sumber: Antara News

Shares: