KesehatanNews

Usia bertambah, konsumsi air putih harus lebih banyak

Usia bertambah, konsumsi air putih harus lebih banyak
Ilustrasi minum air putih. (ANTARA/Shutterstock)

POPULARITAS.COM – Angka kecukupan gizi (AKG) menyebutkan, rata-rata orang dewasa dianjurkan konsumsi air 2 liter per hari. untuk rentang usia tertentu, antara 19-64 tahun dianjurkan minum lebih banyak, yakni 2,3 liter air putih.

Dokter spesialis gizi, dr Diana Felicia Suganda, dalam penjelasannya di laman Antara, Kamis (24/8/2023) menerangkan, kebiasaan minum air putih harus dilakukan sejak kecil. Dengan seperti itu, ketika seseorang dewasa hal tersebut akan Mudah dilakukan. Minum air putih penting bagi Atasi kekurangan cairan tubuh.

Ia menyebutkan, jika merujuk AKG, usia berpengaruh pada jumlah konsumsi air putih. Contohnya, umur 19-29 tahun sebanyak 2,5 liter, usia 30-64 tahun 2,6 liter, dan usia 16-18 tahun sebanyak 2,2 liter.

“Jadi, makin besar usia seseorang, harus lebih banyak minum air putih,” katanya.

Secara rata-rata, konsumsi air putih harus 18 gelas sehari. Nah, jika minum kopi, dianjurkan untuk minum air lebih banyak. Contoh, minum segelas kopi, harus konsumsi dua gelas air putih.

Dia pun menyarankan cara memilih produk air putih yang tepat untuk kesehatan tubuh. Pertama, pilih produk air putih dari sumber mata air yang jelas dan proses yang sudah teruji.

“Kita juga lihat kemasannya, penyok kah, atau air di dalamnya bening kah. Pemilihan itu sangat penting,” kata Diana.

Diana mengimbau untuk mengonsumsi air putih dengan suhu hangat atau suhu ruangan, sekitar 25 – 27 derajat Celcius, terutama saat merasa sakit kepala ringan.  Kurang fokus dan sakit kepala bisa jadi disebabkan oleh kekurangan cairan tubuh.

“Minum air dingin malah bisa (membuat) pembuluh darah mengecil dan bisa membuat brain freeze atau sakit kepala,” kata Diana

Shares: