News

Wamen PUPR Belum Terima Data Bencana Banjir Dari Pemerintah Daerah

Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, John Wempi Wetipo. Popularitas.com/Rizkita

POPULARITAS.Com – Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, John Wempi Wetipo, meninjau sejumlah titik lokasi yang menyebabkan banjir landa Kabupaten Aceh Utara, Selasa (8/12/2020).

“Kami belum menerima data valid dari pemerintah daerah, kami turun ke lapangan hari ini ingin melihat apa yang bisa dikerjakan untuk menangani bencana banjir di Aceh Utara,” kata John Wempi Wetipo kepada wartawan.

Dia menyebutkan, saat ini dirinya beluam bisa mengatakan apa- apa terkait kerugian maupun bagaimana rencana ke depan. John Wempi Wetipo memint kepada pihak terkait untuk saling bersinergi untuk segara menyelesaikan pendataan agar  PUPR RI bisa bekerja agarr masyarakat dapat terbantu.

“Ada tiga loksi kita cek tadi, saya sudah bilang ke bupati, agar disiapkan data-datanya, lalu kita lihat apa saja yang bisa kita bantu buat Aceh Utara agar persoalan banjir bisa diatasi, kerugian belum bisa bilang karena data belum ada,” katanya lagi.

Dalam kesempatan itu pihaknya berharap kepada pemerintah Aceh Utara segera memberikan data kerusakan dan dokumen legal untuk segera disampaikan ke Kementerian PUPR. Sehingga kementerian bisa mengalokasikan anggaran untuk perbaikan jangka pendek, menengah dan panjang.

“Kita sudah mendengarkan beberapa penjelasan masyarakat tentang jebolnya bendungan Krueng Pase, yang mengakibatkan banjir itu, nantinya tim kementerian akan diturunkan untuk menganalisis penyebab bendungan jebol dan mengambil solusi jangka panjang,” tuturnya.

“Setelah kita mendapatkan data penyebab dan jumlah kerugianya maka kita akan duduk lagi dengan pemerintah setempat untuk membicarakan solusi serta apa yang bisa dibantu untuk masyarakat. agar bendungan itu bisa berfungsi lagi dan menjadi solusi untuk kesejahteraan petani,” jelasnya.

 

Redaktur : Fitri Juliana

Shares: