News

Wilayah Aceh akan diguyur hujan disertai angin kencang dan petir

Ilustrasi FOTO : hujan (ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A)

POPULARITAS.COM – Sebagian besar wilayah Aceh, akan diguyur hujan dengan intensitas sedang yang disertai angin kencang dan petir. Peringatan tersebut disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dalam keteranganya resminya, Rabu (1/11/2023) di Jakarta.

Lewat laman resminya, BMKG menyebutkan, selain Aceh, provinsi yang berpeluang diguyur hujan adalah, Banten, Bengkulu, Jambi, Lampung dan Riau.

Kemudian, bagian wilayah Provinsi Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Maluku, Papua, Papua Barat, Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara juga diprakirakan menghadapi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati telah menyampaikan imbauan kepada warga agar mewaspadai kemungkinan terjadi kondisi cuaca ekstrem pada masa peralihan musim kemarau ke musim hujan.

“Cuaca ekstrem berpotensi besar terjadi selama musim peralihan, mulai dari hujan lebat disertai petir dan angin kencang serta hujan es,” kata dia.

Dia mengemukakan bahwa secara umum pada masa pancaroba biasanya cuaca cerah pada pagi hari, awan mulai tumbuh pada siang hari, dan hujan turun menjelang sore hari atau malam.

Menurut dia, awan cumulonimbus yang bentuknya seperti bunga kol berwarna keabu-abuan dengan garis tepian jelas biasanya tumbuh pada pagi menjelang siang. Menjelang sore hari, warna awan ini akan berubah menjadi gelap dan selanjutnya hujan, petir, dan angin dapat terjadi.

Dwikorita mengingatkan bahwa hujan dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi basah seperti banjir dan tanah longsor. “Kepada masyarakat yang tinggal di daerah perbukitan yang rawan longsor, kami mengimbau untuk waspada dan berhati-hati,” katanya.

Editor : Hendro Saky

Shares: