NewsPemilu 2024

WNI di Qatar gunakan hak pilih

WNI di Qatar gunakan hak pilih
Dedek Zulfikar dan keluarga melakukan swafoto dengan latar belakang kegiatan Pemilu 2024 di TPSLN Qatar, Jumat (9/2/2024). FOTO : HO-Dedek Zulfikar

POPULARITAS.COM – Sebanyak 7.325 WNI di Doha, Qatar, Jumat (9/2/2024) menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024. Kegiatan pencoblosan dilangsungkan di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) di wilayah tersebut.

Berdasarkan data Panitia Pemungutan Luar Negeri (PPLN) Doha, jumlah WNI yang tercatat pada Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPTLN) di Qatar sebanyak 7.325 orang, yang terdiri atas 4.570 pemilih perempuan dan 2.755 pemilih laki-laki.

Dedek Zulfikar (43), salah satu WNI yang bermukim di Qatar, dalam keterangannya kepada popularitas.com, Jumat (9/2/2024) mengatakan, dirinya bersama keluarga telah mendatangi TPSLN untuk menggunakan hak pilih.

“Alhamdulillah, kami sudah menggunakan hak pilih kami untuk Pemilu 2024,” katanya.

Dia mengungkapkan, antusiasme WNI di Qatar untuk menggunakan hak suara cukup baik. Hal tersebut ditandai dengan ramainya warga yang secara berbondong-bondong meneggunakan hak pilihnya.

Dedek Zulfikar yang juga merupakan WNI asal Aceh itu, berharap, pesta demokrasi 2024 yang berlangsung saat ini, dapat berjalan dengan baik, damai dan lancar. Apapun hasil pilihan rakyat terhadap salah satu pasangan calon, hal tersebut harus diterima, sebab merupakan bagian dari pelaksanaan demokrasi itu sendiri.

Saat ditanya siapa yang Ia coblos, Dedek Zulfikar mengatakan bahwa, tugasnya sebagai WNI adalah menggunakan hak pilih. Tentang siapa yang Ia pilih, hal tersebut adalah kerahasiaan yang merupakan salah satu asas penting pada Pemilihan Umum 2024. “Itu rahasia dong,” ujarnya lewat sambungan perpesanan WhatsApp.

Shares: