News

YRFA Gelar Seminar Tentang Titik Nol Nusantara di Barus

Mahasiswa Sejarah dan Kebudayaan Islam UIN Ar-Raniry saat melakukan praktikum arkeologi di sejumlah makam di Barus, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, 2017 lalu. (Dok. Muhammad Fadhil/popularitas.com)

POPULARITAS.Com – Yayasan Raisul Fikri Aceh (YRFA) bersama Forum Mahasiswa Bireuen (Formab) akan menggelar seminar internasional dengan tema “Menggugat Titik Nol Islam Nusantara di Barus, Perspektif Akademisi Muda dan Mahasiswa Aceh Internasional.

Kegiatan tersebut akan berlangsung secara virtual via Zoom Meeting pada Sabtu (12/12/2020) mendatang. Seminar ini dibuka untuk umum.

Ketua YRFA, Khairul Azmi menuturkan, seminar tersebut sangat penting, karena akan merekontruksi sejarah Islam di Nusantara. Para pemateri juga akan memaparkan informasi terbaru mengenai penemuan dan bukti otentik lain tentang sejarah awal Islam di Nusantara.

“Ini merupakan hal yang sangat penting dalam menumbuhkan semangat perjuang dan cinta tanah air. Karena bangsa yang besar itu bangsa yang cinta sejarah bangsanya,” kata Khairul dalam keterangannya, Rabu (9/12/2020).

Seminar tersebut akan menghadirkan sejumlah pemateri, yakni Hermansyah (Dosen Sejarah dan Kebudayaan Islam UIN Ar-Raniry), Yudi Andika (Kasi Permuseuman dan Pelestarian Cagar Budaya pada Disbudpar Aceh).

Kemudian, Khairul Azmi (Ketua YRFA/akademisi muda Aceh), Anggi Az Zuhri (Student of Hamad bin Khalifa University Qatar), dan Muhammad Haykal (Students of Maimara University Turki).

Ketua Panitia Pelaksana, Muhammad Husnul Rizqa menyebutkan, seminar tersebut merupakan gagasan dari mahasiswa, akademisi dan masyarakat di Kabupaten Bireuen, dan Aceh umumnya.

Oleh karena itu, ia mengajak semua pihak terutama masyarakat pecinta sejarah untuk mengikuti kegiatan tersebut. Pendaftaran untuk menjadi peserta juga dibuka dengan sistem online.

“Bagi masyarakat pencinta sejarah Aceh, untuk mengikuti acara seminar ini cukup mendaftar di link: https://forms.gle/dubmD6g2rqcxV2HR7,” sebut Husnul.

Shares: