News

11 daerah tak hadir di LT-IV Kwarda Aceh 2023, Mualem kecewa

11 daerah tak hadir di LT-IV Kwarda Aceh 2023, Mualem kecewa
Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Aceh, Muzakir Manaf di kegiatan Lomba Tingkat Regu Penggalang (LT-IV) se Aceh pada Sabtu (20/5/2023) di Kawasan Hutan Kota Langsa, Provinsi Aceh. Foto: Kwarda Gerakan Pramuka Aceh

POPULARITAS.COM – Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Aceh, Muzakir Manaf atau akrab disapa Mualem membuka secara resmi kegiatan Lomba Tingkat Regu Penggalang (LT-IV) se Aceh pada Sabtu (20/5/2023) di Kawasan Hutan Kota Langsa, Provinsi Aceh.

Perkemahan tingkat daerah 4 tahunan itu, berlangsung 19-26 Mei 2023 hanya diikuti 12 kwarcab dari total 23 Kwarcab yang ada di Aceh yaitu, Subulussalam, Aceh Selatan, Aceh Barat Daya, Aceh Jaya, Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie, Lhokseumawe, Aceh Utara, Langsa, Aceh Tamiang, Aceh Timur.

Dalam sambutannya sebagai pembina upacara, Mualem menyayangkan banyak kwarcab tidak ikut serta pada kegiatan tersebut. Ke-11 kwarcab dimaksud yaitu Pidie Jaya, Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues, Aceh Tenggara, Aceh Singkil, Aceh Barat, Sabang, Simeulue, dan Nagan Raya.

“Saya kecewa atas banyak kwarcab yang tidak bisa ikut LT-IV ini, ke depan kita evaluasi dan komunikasi melalui para Pj Bupati masing-masing kwarcab agar memberi perhatian terhadap proses pembinaan generasi muda melalui gerakan pramuka,” katanya.

Mualem menegaskan, melaksanakan kegiatan Pramuka adalah perintah UU RI NO 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka. Tentu setiap pimpinan daerah punya kewajiban memastikan Pramuka aktif di wilayah kerjanya.

Pada kesempatan yang sama, Mualem juga mengapresiasi adik-adik Pramuka Penggalang peserta LT-IV. Keikutsertaan mereka, menurut Mualem, adalah keberhasilan dari proses latihan di gugus depan dan LT-III di Kwarcab masing-masing.

“Nantinya regu berprestasi tinggi akan mewakili Aceh ke LT-V Nasional di Jakarta pada Juni mendatang,” kata Mualem.

Sementara, Ketua Panitia Pelaksana LT-IV Kwarda Aceh 2023, Romi Amrizal meyebutkan ada 12 kwarcab yang mengikuti LT-IV Kwarda Aceh 2023, sehingga peserta terdiri dari 23 Regu Pramuka Penggalang.

“Sejumlah kwarcab tidak memenuhi syarat ikut LT-IV, karena tidak melaksanakan LT-III di tingkat cabang serta persoalan anggaran. Hal ini menjadi evaluasi Agar kwarda melakukan pembinaan kepada Kwarcab se Aceh,” ungkap Romi.

Kegiatan LT-IV terdiri dari ragam lomba berlatar teknik kepramukaan, robotik, coding, bijak bermedsos, reportase, membuat obat tradisional, hasta karya, pentas seni, karnaval budaya, kuliner daerah, memanah, renang, panjat tebing, dan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).

Shares: