News

11 Pelajar Aceh Ikuti Kompetisi Sains Madrasah 2021 Tingkat Nasional

11 Pelajar Aceh Ikuti Kompetisi Sains Madrasah 2021 Tingkat Nasional. (ist)

POPULARITAS.COM – Sebanyak 11 pelajar madrasah dan sekolah umum di Provinsi Aceh mewakili daerah setempat dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2021 tingkat nasional, dengan target dapat berhasil masuk dalam tiga besar pemenang.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Aceh Iqbal mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi prestasi yang ditorehkan para pelajar Tanah Rencong itu. Mereka yang mewakili ke tingkat nasional merupakan para pemenang di tingkat provinsi.

“Anak-anak kami adalah para juara satu setiap bidang, dan hari ini mewakili Aceh pada KSM nasional. Target kita untuk masuk tiga besar dalam ajang ini dapat tercapai,” kata Iqbal seperti dilansir laman Antara, Senin (25/10/2021).

Iqbal menambahkan 11 peserta itu menjadi wajah Aceh di level nasional, keberhasilan mereka adalah kebanggaan, bukti mereka yang terbaik dan membawa harum nama Aceh di tingkat nasional.

Sementara itu Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Aceh Mukhlis mengatakan, sebelumnya dari seleksi awal di tingkat kabupaten jumlah peserta KSM 2021 Provinsi sebanyak 744 orang, meliputi 138 orang tingkat MI, 204 peserta MTs, dan 402 peserta tingkat MA.

“Kita telah bekali mereka dengan pembinaan yang maksimal. Mereka dibina selama 15 hari sebelum bertanding dengan karantina, didampingi oleh guru pendamping dari madrasah dan sekolah masing-masing. Kita serius menangani dengan harapan juara nasional,” kata Mukhlis.

Mukhlis mengharapkan peserta KSM yang berlomba memperjuangkan harkat dan martabat Aceh di tingkat nasional dan menunjukkan kebolehannya di hadapan tim penilai dari pusat terkait kemampuan eksplorasi dan eksperimen.

“Kami mengharapkan kepada kita semua, jajaran Kemenag dan masyarakat untuk berdoa demi kesuksesan anak-anak KSM perwakilan Aceh, semoga dimudahkan oleh Allah kemampuan berpikir dan menganalisa setiap butir soal dan dapat menjawabnya dengan tuntas,” katanya.

Perwakilan Aceh ke tingkat nasional, dari tingkat Madrasah Ibditiyah (MI) dan Sekolah Dasar (SD), Aceh diwakili oleh Naila asal MIN 1 Subulussalam dan Ahmad Al-ghifari asal MIN Pidie Jaya.

Untuk jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), diwakili oleh Khalisa asal MTsN 1 Banda Aceh, Zian Hafiz asal SMP Fatih Bilingual School Banda Aceh dan Kaana Rania asal MTsS Yapena Arun Lhokseumawe.

Jenjang Madrasah Aliyah (MA) dan Sekolah Menenag Atas (SMA), Aceh diwakili Muhammad Farras Munawar asal SMA Negeri Modal Bangsa Aceh Besar, Dewira asal MAS Woyla Aceh Barat, Nisa Zahara asal MAS Almuslim Bireuen, Nur Izza Maghfirah asal MAS Daarut Tahfiz Banda Aceh, Muhammad Dival asal SMAN 1 Lhokseumawe, dan Muhammad Safwandi asal MAS Tgk Chiek Oemar Diyan Aceh Besar.

Bidang studi yang diperlombakan seperti Matematika Terintegrasi dan IPA Terintegrasi untuk tingkat MI/SD. Kemudian Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi, dan IPS Terpadu Terintegrasi, untuk tingkat MTsN/SMP serta Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, dan Geografi Terintegrasi untuk MA/SMA.

Shares: