NewsPolitik

169.146 pemilih bakal nyoblos di Banda Aceh

Kegiatan simulasi pencoblosan Pemilu 2019 yang dilakukan KPU Cianjur di Joglo, Cianjur, Jawa Barat beberapa waktu lalu. Foto: Kompas

POPULARITAS.COM – Ketua Komisi Independen (KIP) Kota Banda Aceh, Yusri Razali menyampaikan jika jumlah pemilih pada Pemilu 2024 di kota itu mencapai 169.146 pemilih, di mana 81.205 orang pemilih laki-laki dan 87.941 orang perempuan yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Masyarakat nantinya akan menggunakan hak suaranya di 618 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 90 gampong atau desa yang berada di 9 kecamatan,” ujarnya, Jumat (9/2/2024).

Sementara itu, sebanyak 1.832 personel Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) akan dikerahkan ke ratusan TPS untuk membantu pengamanan pada saat hari pemungutan dan penghitungan suara dalam penyelenggaraan Pemilu. Para Satlitmas tersebut mengikuti apel gelar pasukan Satlinmas di halaman Balai Kota, Kamis (8/2/2024).

Kegiatan apel turut dihadiri Forkopimda dan sejumlah pejabat jajaran Pemko. Selain Kapolresta, Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli hadir juga Dandim 0101/KBA Letkol Czi Widya Wijanarko, Ketua DPRK Farid Nyak Umar, Kajari Irwansyah, Ketua MPU Damanhuri Basyir, Pj Sekdakota Wahyudi, Ketua Panwaslih Ely Safrida serta Ketua KIP Kota Banda Aceh Yusri Razali bersama para komisioner. Hadir juga para Muspika dan keuchik keuchik dalam wilayah Kota Banda Aceh.

Pj Wali Kota, Amiruddin menyampaikan Satlinmas memiliki tanggung jawab besar dalam penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban di barisan terdepan. Satlinmas pula menjadi penyelesaian gangguan keamanan yang paling diandalkan.

“Sebab memiliki ikatan emosional yang dekat dengan masyarakat setempat. Bertugas di lingkungan tempat tinggalnya sendiri,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, 1.832 personel Satlinmas ini nantinya akan bertugas menyukseskan pemilu di tiap-tiap gampong (desa).

Apel gelar pasukan Satlinmas dalam rangka Pemilu serentak ini bertujuan untuk menjamin kesiapan seluruh anggota Satlinmas dalam melaksanakan tugas pengamanan di setiap TPS pada 14 Februari mendatang.

Shares: