Dinas Kebudayaan dan Pariwisata AcehNews

2.025 peserta meriahkan Pawai Budaya PKA -8 

2.025 peserta meriahkan Pawai Budaya PKA -8 
Peserta pawai budaya dari kabupaten Aceh Tengah, saat tampil pada atraksi Pawai Budaya di Pekan Kebudayaan Aceh (PKA_ ke-8, Minggu (5/11/2023)

POPULARITAS.COM – Aktivitas hari ke-2 Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8, Minggu (5/11/2023) dimeriahkan dengan kegiatan Pawai Budaya. Acara tersebut libatkan 2.025 peserta dari 23 kabupaten dan kota di provinsi ujung barat Sumatra tersebut.

Iring-iringan para peserta pawai budaya itu, mengenakan berbagai baju adat masing-masing daerah, dan juga menampilkan ragam atraksi kesenian.

Warga Banda Aceh dan para penonton yang sejak pagi hadir disepanjang jalan protokol, terlihat antusias menyambut berbagai atraksi dan suguhan dari para peserta yang ditampilkan pada pawai budaya tersebut.

Penjabat Gubernur Ahmad Marzuki mengaku takjub melihat kekayaan budaya Aceh yang dipertunjukkan para peserta dari 23 kabupaten/kota. 

“Seluruh kontingen hari ini sangat luar biasa,” katanya. 

Sejak pembukaan PKA-8 semalam, tutur Marzuki, telah banyak diungkap dan diulas tentang berbagai kebudayaan yang ada di Tanah Rencong.  

Oleh sebab itu, dia berharap pelaksanaan PKA-8 bisa membangun kesadaran masyarakat untuk bangga serta ikut melestarikan budaya Aceh. 

Hal senada juga diungkapkan anggota DPR RI Illiza Sa’aduddin Djamal, yang turut ikut menyaksikan peserta pawai di panggung kehormatan bersama Forkopimda Aceh, Kadisbudpar Aceh dan para penjabat wali kota/bupati se-Aceh.

Ia menyebut seluruh penampilan peserta pawai budaya lengkap dengan kostum, sangat sesuai dengan tema Jalur Rempah. 

“Mereka sangat keren, dan juga kostum yang dipakai dalam pawai ini sangat sesuai dengan tema yang mengangkat histori rempah di Aceh,” ungkap Illiza.

Shares: