News

2 Hektare Lahan Gambut Kembali Terbakar di Aceh Jaya

Foto: Sejumlah petugas pemadam sedang melakukan pendinginan usai memadamkan satu unit rumah ludes terbakar di Desa Kedondong, Kecamatan Bambel, Aceh Tenggara, Kamis, 16 Januari 2020. (ANTARA/ HO)

CALANG (popularitas.com) – Lahan gambut lebih kurang 2 hektare kembali terbakar di perbatasan Kabupaten Aceh Jaya dan Aceh Barat tepatnya di Kayee Lhon Desa Lueng Gayo Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya, Senin, 9 Maret 2020 pada pukul 10.00 WIB.

“Untuk saat ini belum bisa dipadamkan secara menyeluruh, karena lahan gambut yang menyebabkan api berada di bawah hingga mengeluarkan gumpalan asap,” kata Destian Yurisfan, Pusdalops-PB BPBK Aceh Jaya.

Destian Yurisfan menyampaikan hingga saat ini belum diketahui pasti penyebab kebakaran lahan gambut tersebut.

“Penyebabnya belum diketahui pasti, kekeringan yang melanda di beberapa wilayah di Aceh Jaya menjadi faktor utama lahan kering rentan terbakar,” kata Risfan.

Ia menuturkan untuk saat ini pihak TNI/Polri serta para pemadam kebakaran unit Teunom sedang melakukan pemadaman secara manual karena tidak terjangkau dengan armada pemadam.

“Untuk saat ini tim menggerahkan unit pompa apung dan kita siagakan satu unit mobil pemadam,” kata Destian Yurisfan.

Ia menambahkan untuk saat ini juga tim BPBK bersama TNI dan Polri masih stanbay di lokasi untuk mengantispasi meluasnya kebakaran lahan.

Informasi yang diterima dari tim BPBK Aceh Jaya melalui Pusdalops kebakaran juga terjadi di Desa Tanoh Manyang kecamatan Teunom seluas setengah hektare dan juga di Desa Panton Krueng Kecamatan Panga, namun api sudah bisa dipadamkan. (ANT)

Shares: