4 Tips Tingkatkan Imunitas Anak Saat Mulai Masuk Sekolah

(popularitas.com) – Beberapa sekolah yang dinyatakan pada zona hijau COVID-19 sudah mulai melakukan tahun ajaran baru dengan tatap muka. Kekhawatiran para orangtua tentu tak dapat ditepis, namun imunitas anak yang kuat bisa membantu mencegah penularan virus corona di sekolah.

Kementerian Pendidikan sudah memberlakukan proses belajar mengajar dengan online dan offline. Tak sedikit sekolah di Indonesia yang mulai menerapkan proses mengajar dengan tatap muka yang membuat kerentanan anak pada penularan virus corona.

Untuk itu, orangtua perlu membentengi si kecil dengan imunitas yang kuat. Apa saja yang harus diperhatikan? Berikut tips yang bisa dilakukan.

Gizi seimbang

Pakar Gizi, Seala Septiani menuturkan bahwa gizi seimbang adalah kunci memperkuat imunitas anak. Seala menjelaskan, jika anak terpaksa dengan aturan sekolah diwajibkan masuk, maka Bunda harus dapat menguatkan imunitasnya melalui asupan bergizi dari sarapan di rumah.

“Salah satunya dari makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Harus ada sumber karbo (makanan pokok), sumber protein (lauk pauk), sayuran dan buah,” ujarnya.

Istirahat cukup

Berikan waktu pada anak untuk tidur dan istirahat yang cukup. Tak lupa, aktivitas fisik diseimbangkan selagi berada di rumah.

“Pastikan cukup istirahat 7-8 jam per hari, aktivitas fisik, berjemur rutin setiap pagi, ikuti protokol dengan disiplin,” terangnya.

Memang menggiurkan saat melihat deretan makanan yang dijajakan para pedagang. Namun, kebersihannya belum terjamin dan berisiko menulari penyakit.

“Usahakan anak tidak jajan dulu untuk mengurangi kemungkinan atau kekhawatiran Ortu. Apakah makanan selama di sekolah aman?” kata Seala.

Bekal sehat

Bekal tak melulu makanan berat. Seala menekankan agar kebutuhan air untuk anak tercukupi. Camilan sehat juga harus ada agar anak terhindar untuk jajan.

“Bawakan minum air putih dari rumah yang cukup, bekal sehat dengan alat makan lengkap. Usahakan bawa buah praktis misalnya pisang, jeruk, anggur, atau apa saja yang mudah dimakan,” kata dia.

Sumber: VIVA

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.