News

Enam Hektare Lahan Terbakar di Bener Meriah

Kebakaran hutan. (ist)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Enam hektare lahan di Desa Uning Gelime, Kecamatan Wih Pesam, Kabupaten Bener Meriah, Aceh, terbakar pada Selasa.

Menurut pejabat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bener Meriah, kebakaran terjadi mulai pukul 14.30 WIB.

Petugas pemadam kebakaran dengan bantuan aparat TNI dan Polri bersama warga setempat selama tiga jam berupaya memadamkan api.

Petugas pemadam kebakaran belum mengetahui penyebab kebakaran, hanya mengatakan bahwa cuaca panas yang meliputi daerah itu dalam sepekan terakhir membuat kebakaran lahan rawan terjadi.

Pejabat Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda (SIM) Banda Aceh menyatakan cuaca panas sebagai faktor pemicu kebakaran yang terjadi dalam beberapa hari terakhir.

“Kondisi ini sangat dimungkinkan karena Aceh sekarang sudah dalam musim kemarau,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I SIM Banda Aceh Zakaria Ahmad.

Dia mengatakan dalam keadaan hujan jarang turun, suhu udara meningkat, dan kelembaban udara menurun kebakaran hutan dan lahan rawan terjadi. (ANT)

Shares: