News

45 wartawan Papua ikut UKW

45 wartawan Papua ikut UKW
Suasana UKW Papua yang dilakukan pada salah satu Hotel berbintang yang berlangsung selama dua hari, (4-5/8) di Kota Jayapura, Papua. (ANTARA/ HO - Humas IJTI Papua)

POPULARITAS.COM – Dewan Pers menggelar Ujian Kompentensi Wartawan (UKW) yang diikuti sebanyak 45 wartawan yang berasal dari empat kabupaten/kota di Papua.

Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Papua, Meirto Tangkepayung, mengatakan dari 45 peserta UKW tersebut, 28 di antaranya berasal dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), 11 dari Aliansi Jurnalis Idependen (AJI) dan enam dari Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Papua.

“UKW kali ini sedikit berbeda dengan sebelumnya, di mana tiga organisasi pers yang ada di Papua menjalani UKW secara bersamaan di dalam satu ruangan,” katanya, Kamis (4/8/2022).

Menurut Meirto, peserta berasal dari empat kabupaten/kota yakni Serui, Merauke, dan Kota Jayapura dengan membuka tiga kelas yang diuji pada UKW kali mulai dari kelas Muda, Madya dan Utama.

“Kami dari IJTI sendiri hanya satu kelas yaitu kelas Muda dan hanya diikuti oleh enam orang, sebenarnya banyak wartawan televisi yang mau ikut UKW ini, namun memprioritaskan yang belum pernah UKW dulu, untuk yang kelas Madya dan Utama rencana akan digelar lagi pada akhir tahun,” ujarnya.

Dia menjelaskan masih banyak wartawan yang belum mengikuti UKW sehingga dengan kegiatan ini sangat membantu para wartawan di Papua dan bisa mengetahui sejauh mana pengetahuan dalam menjalankan tugas apakah sudah kompeten atau belum.

“Kami sangat mengapresiasi yang tinggi kepada Dewan Pers selaku penyelenggara UKW di Papua,” katanya.

Dia menambahkan, setelah dinyatakan lulus maka para peserta akan mendapatkan kartu yang nantinya bisa dipakai sebagai bukti kepada narasumber bahwa wartawan tersebut sudah dinyatakan kompeten untuk melaksanakan tugasnya sesuai dengan jenjang yang diikuti.

Ujian Kompentensi Wartawan (UKW) yang di gelar Dewan Pers pada salah satu hotel berbintang ini berlangsung selama dua hari, sejak Kamis-Jumat (4-5/8) di Kota Jayapura, Papua. (ant)

Shares: