News

47 masjid dan 3 geraja hancur akibat serangan udara Israel di Gaza

47 masjid dan 3 geraja hancur akibat serangan udara Israel di Gaza
Sejumlah warga mengamati gedung-gedung yang hancur, akibat serangan udara Israel, di Kota Gaza pada Senin (9/10/2023). ANTARA/Rizek Abdeljawad/Xinhua/tm

POPULARITAS.COM – Penyerbuan Israel ke Gaza sejak 8 Oktober 2023, tidak hanya hancurkan infrastruktur sipil dan rumah-rumah warga. Namun juga sebabkan kehancuran puluhan masjid dan juga gereja.

Kantor Media Gaza melaporkan, akibat serangan udara yang dilakukan secara membabi buta oleh pasukan Israel, saat ini sebanyak 47 masjid dinyatakan hancur, dan 3 buah gereja rusak total.

“Selain has 47 masjid dan 4 geraja, 203 gedung sekolah dan 80 gedung pemerintahan hancur,” kata Direktur Salama Maarouf, Senin (30/10/2023) dilansir laman Antara.

Menurut Salama, hingga kini personel medis yang tewas mencapai sebanyak 116 jiwa, bersama 18 anggota tim penyelamat dan kru pertahanan sipil serta 35 jurnalis.

Kantor Berita WAFA melaporkan bahwa pada Kamis (26/10) serangan udara Israel menyasar Masjid Al Abyad di Jalur Gaza utara dan dikhawatirkan menelan banyak korban jiwa dalam insiden tersebut.

Sementara itu, menurut kantor berita Anadolu, Ketua Komite Tinggi Urusan Gereja-Gereja di Palestina, Ramzi Khoury mengatakan Israel juga telah membom sebuah gereja ortodoks Yunani di Gaza.

Melalui situs resminya, Khoury mengutuk serangan Israel terhadap gereja ortodoks Yunani Saint Porphyrius di Gaza, di mana sekitar 500 Muslim dan Kristen Palestina sedang berlindung.

Editor : Hendro Saky

Shares: