News

Presiden ajukan Jendral Agus Subiyanto jabat Panglima TNI

Presiden ajukan Jendral Agus Subiyanto jabat Panglima TNI
Presiden Joko Widodo melantik Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (25/10/2023). Foto: BPMI Setpres

POPULARITAS.COM – Presiden RI dikabarkan telah kirimkan surat ke DPR RI, perihal usulan calon Panglima TNI gantikan Laksamana TNI Yudo Margono.

Surpres (Surpres) tersebut, usulkan satu nama tunggal kepada DPR RI. Beredar informasi, lewat surat itu, presiden usulkan nama tunggal Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono sendiri, akan purna tugas pada 26 November 2023 mendatang.

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid, dalam keterangannya kepada Antara, Senin (30/10/2023), benarkan bahwa pihaknya telah menerima Surpres dari Presiden RI Joko Widodo. “Iya, sudah diterima,” katanya.

Namun begitu, Meutya Hafid menolak nama yang diusulkan oleh Presiden RI tersebut. Menurutnya, hal tersebut nantinya akan disampaikan langsung oleh Ketua DPR RI Puan Maharani. “Iya, nanti biar bu ketua saja yang sampaikan ke publik,” ujarnya.

Dia menambahkan Komisi I DPR RI pada Selasa (31/10) bakal rapat internal untuk membahas tanggal uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) kepada calon tunggal Panglima TNI itu.

Agus Subiyanto, yang baru saja resmi menjabat minggu lalu (27/10), dilantik sebagai Kepala Staf TNI AD menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman pada Rabu minggu lalu (25/10). Jika dia benar diusulkan sebagai calon tunggal Panglima TNI dan akhirnya terpilih, maka masa tugas Agus sebagai Kasad kemungkinan tidak lebih dari 1 bulan.

Walaupun demikian, masih ada dua kandidat lainnya yang juga berpeluang menggantikan Yudo Margono, yaitu Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

UU TNI mengatur perwira tinggi yang diusulkan sebagai calon Panglima TNI oleh presiden ialah para perwira tinggi aktif dari tiap-tiap angkatan yang sedang atau pernah menjabat sebagai kepala staf angkatan.

Editor : Hendro Saky

Shares: