News

9.758 peserta UTBK akan ujian di USK

1.925 peserta SMMPTN lulus di USK
Ilustrasi, peserta ujian SMMPTN Barat di Universitas Syiah Kuala mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di kampus setempat, Kamis (30/6/2022). FOTO: Humas USK

POPULARITAS.COM – Sebanyak 9.758 peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk salah satu jalur masuk perguruan tinggi negeri yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tahun 2023 akan mengikuti ujian mulai tanggal 8 – 14 Mei 2023 di Universitas Syiah Kuala (USK), Banda Aceh.

Wakil Rektor Bidang Akademik USK Prof Agussabti, Jumat (5/5/2023) mengingatkan kepada para peserta UTBK ini agar dapat menyiapkan dirinya sebaikmungkin untuk menghadapi tahapan seleksi SNBT tersebut. Mengingat SNBT ini adalah jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang kedua dari tiga jalur seleksi yang tersedia yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), SNBT dan Jalur Mandiri.

Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan saat ujian nanti di antaranya adalah membawa dokumen kelengkapan ujian yaitu kartu peserta ujian dan identitasi diri baik berupa KTP maupun kartu pelajar. Peserta juga diharapkan hadir minimal 30 menit sebelum ujian dimulai.

Selain itu, khusus lulusan 2021 dan 2022, diwajibkan membawa ijazah atau foto kopi ijazah yang telah dilegalisir. Sementara bagi lulusan 2023, membawa surat keterangan kelas 12 yang ditandatangani oleh kepala sekolah. Di mana surat tersebut berisi nama siswa, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan disertakan foto terbaru.

Agussabti mengungkapkan, pada seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun ini USK menyediakan kuota mahasiswa baru untuk jalur SNBT tersebut yaitu 40%. Di mana sebelumnya yaitu jalur SNBP, USK sudah menerima mahasiswa baru untuk jalur tersebut dengan kuota 25%. Sementara untuk jalur mandiri nanti, kuotanya adalah 35%.

“Jadi kami ingatkan, agar peserta UTBK ini mempersiapkan dirinya sebaikmungkin. Karena inilah kesempatan bagi mereka untuk kuliah pada berbagai program studi atau kampus pilihannya,” ucap Agussabti.

Informasi lengkap tahapan seleksi SNBP ini dapat dilihat pada laman resmi USK atau media sosial USK. Atau dapat menghubungi call center Humas USK pada nomor: 0811-6752-000.

Shares: