News

Aceh Jaya Unggulkan Songket dan Kasab di Inacraft 2020

(Foto: GettyImages)

CALANG (popularitas.com) – Dekranasda Kabupaten Aceh Jaya akan memamerkan songket Lamno dan kasap Teunom sebagai produk unggulan pada kegiatan International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2020 di Jakarta, April mendatang.

“Produk unggulan tidak kita bawa semua, namun hanya dua produk dari bahan kasab Teunom dan songket Lamno,” kata Ketua Dekranasda Aceh Jaya Ernani Wijaya, Senin, 17 Februari 2020.

Ia menambahkan hasil produk turunan dari songket dan kasap tersebut akan dibuat menjadi dompet, tas dan beberapa produk lainnya yang menarik.

“Dua bahan tersebut akan jadi produk unggulan nantinya di INACRAF 2020,” kata Ernani.

Ia menambahkan untuk produk lain sangat banyak di Aceh Jaya seperti kerajinan dari tempurung kelapa, dari kulit jagung, rajut, namun tidak dibawa karena bakal kalah bersaing dengan daerah lain.

“Kita bawa yang tidak sama dengan orang lain, mungkin belum bisa tersaingi songketnya, kalau kasab mungkin ada wilayah Meulaboh,” kata Ernani.

Ia berharap kepada masyarakat dapat mencari ide-ide kreatif dengan memproduksi kerajinan tangan di rumah-rumah, supaya yang dibantu tidak orang-orang itu saja.

“Kita berharap yang produksi tidak hanya itu-itu saja, namun ada orang lain yang mampu memproduksi ide kreatif di Aceh Jaya,” kata Ernani. (ANT)

Shares: