News

Aceh pamerkan ragam hasil kerajinan di Inacraft on October 2023

Aceh pamerkan ragam hasil kerajinan di Inacraft on October 2023
Ketua Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Aceh, Ny. Ayu Marzuki menyambangi stan Dekranasda Aceh, pada pameran produk kerajinan Inacraft on October 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (4/10/2023). Foto: BPPA

POPULARITAS.COM – Ketua Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Aceh, Ny. Ayu Marzuki menyambangi stan Dekranasda Aceh, pada pameran produk kerajinan Inacraft on October 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (4/10/2023).

Dalam event tahunan pengrajin handicraft ini, Aceh memamerkan sejumlah hasil kerajinan dari beberapa daerah di provinsi Serambi Mekkah itu.

“Seperti Batik Aceh. Kalau dari Aceh Besar ada bilie droe, songket, surita bordir. Kemudian hasil kerajinan dari Banda Aceh itu menampilkan pucok, tenun zungket, serta ija pinggang,” kata Ayu Marzuki.

Selanjutnya tambah Ayu, kerajinan yang ditampilkan dari Aceh Tengah, diantaranya taplak meja, kain pawak. Begitu juga dari Pidie ada kupiah meukutop, kain kasap komplit.

“Dari Aceh Timur, ada anyaman pandan berupa tikar, bantal kursi, serta anyaman terawang khas daerah tersebut lainnya. Dan terakhir dari Aceh Selatan ada sarung selendang motif bungong situnjuang,” sebutnya.

Ia berharap ke depannya, masih ada lagi kerajinan asal Aceh dari daerah lainnya yang bisa ditampilkan pada event nasional ini.

Shares: