News

Aceh pernah dilanda 11 kali tsunami dalam kurun waktu 7.400 tahun

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Almunizal Kamal menerangkan, daerah berjuluk serambi mekkah ini, pernah dilanda 11 kali tsunami dahsyat dalam rentang perjalanan waktunya.
Aceh pernah dilanda 11 kali tsunami dalam kurun waktu 7.400 tahun
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Almunizal Kamal, saat buka pameran temporer bertajuk 'Jendela Masa Lalu' kenang tsunami Aceh, Selasa (1/11/2022) di Museum Tsunami Aceh.

POPULARITAS.COMKepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Almunizal Kamal menerangkan, daerah berjuluk serambi mekkah ini, pernah dilanda 11 kali tsunami dahsyat dalam rentang perjalanan waktunya.

Hal tersebut, kata Almunizal lagi, didasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan di Gua Euk Leuntie, Lhoong, Aceh Besar oleh para ahli. Dari riset itu, diketahui bahwa, daerah yang berada pada Sunda Megthrust ini telah terjadi tsunami maha dahsyat sebanyak 11 kali, dan terakhir pada Desember 2004 silam.

Saat membuka pameran temporer bertajuk ‘Jendela Masa Lalu’ untuk Kenang Tsunami Aceh, (1/11/2022), Almunizal juga menerangkan, tujuan pihaknya gelar kegiatan ini, sebagai bentuk edukasi, dan penyadaran bagi masyarakat untuk lebih mengenali daerah ini sebagai rawan bencana, sehingga mitigasi dapat dilakukan dengan lebih baik.

Untuk itu, Almunizal meminta warga untuk datang ke Museum Tsunami Aceh, guna melihat jejak dan rekam sejarah bagaimana 11 kali bencana tsunami yang terjang daereah ini dapat disimulasikan dari berbagai hasil riset dan penelitian yang dilakukan oleh para ahli.

Menurutnya dari penelitian, Gua Euk Leuntie menjadi salah satu yang memiliki jejak bagaimana tsunami pernah melanda Aceh di masa lalu. Pihaknya saat ini tengah berupaya agar gua tersebut bisa dijadikan sebagai lokasi wisata dan tempat riset untuk ilmu pengetahuan.

“Harapan kita, Gue Euk Leuntie bisa kita jadikan destinasi wisata kedepannya,” ujarnya Almunizal Kamal.

Namun hal itu tentu dibutuhkan riset dan uji kelayakan lebih mendalam. Nah bagi warga yang ingin datang ke lokasi itu, Almunizal mempersilahkannya. “Untuk eksana tapi perlu syarat dan izin khusus,”katanya.

Sebagai informasi, gua tsunami purba atau Gua Euk Leuntie yang terletak di Kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar ini menjadi bukti bahwa tsunami hebat pernah melanda Aceh, jauh sebelum tahun 2004 lalu.

Gua ini disebut gua tsunami karena adanya gelombang tsunami yang menghantam pesisir wilayah Barat Aceh sejak kurun waktu 7.400 Tahun silam. Hal itu diketahui bahwa terdapat endapan-endapan tanah yang berasal dari gelombang tsunami dan kotoran kelelawar yang hidup di gua tersebut.

Shares: