Dinas Kebudayaan dan Pariwisata AcehEdukasi

Aceh raih juara 2 Lomba Cerdas Cermat Museum 2023

Aceh raih juara 2 Lomba Cerdas Cermat Museum 2023
Direktur Perfilman, Musik, dan Media Kemendikbudristek Ahmad Mahendra (paling kiri) berfoto bersama pemenang LCCM 2023 dari SMPN 255 Provinsi DKI Jakarta, Kamis (12/10/2023).

POPULARITAS.COM – Provinsi Aceh raih juara 2 Lomba Cerdas Cermas Museum (LCCM) 2023 yang diselenggarakan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendibudristek).

Sementara itu, juara1 diraih oleh DKI Jakarta, dan juara 3 Yogyakarta.

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim, dalam sambutannya yang dilakukan secara daring, Kamis (12/10/2023) malam, mengatakan bahwa, LCCM 2023 yang digelar pihaknya adalah bagian dari pelibatan generasi muda lestarikan museum dan cagar budaya.

Ia mengemukakan pentingnya generasi muda terus melestarikan museum dan cagar budaya sebagai identitas bangsa sekaligus sumber ilmu pengetahuan dan teknologi.

Menurutnya, museum dan cagar budaya harus terus dilestarikan. Melalui transformasi museum, ia optimistis Indonesia dapat menciptakan museum yang bermanfaat, lebih relevan, dan terbuka untuk masyarakat luas.

“Museum dan cagar budaya harus menjadi tempat yang ramah dan menyenangkan sehingga makin membuka ruang kolaborasi dan inovasi kepada banyak generasi muda untuk mencintai sejarah dan peninggalan masa lalu kita,” katanya.

Ia berharap, pengalaman yang diperoleh peserta saat mengikuti LCCM dapat lebih meningkatkan semangat cinta terhadap museum dan cagar budaya.

“Selamat dan saya mengapresiasi seluruh peserta yang telah mengikuti kompetisi ini dengan berani dan percaya diri. Juara sebenarnya adalah generasi muda yang terus bertekad untuk menjaga dan melestarikan sejarah bangsa,” ucapnya.

Editor : Hendro Saky

Shares: