News

Aceh Tengah Usul Kopi Gayo Masuk Daftar Bursa New York Exchange

Panen Kopi di Bener Meriah.

ACEH TENGAH (popularitas.com) – Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar mengusulkan agar komoditi kopi arabica Gayo masuk menjadi salah satu komiditi yang diperdagangkan atau terdaftar di pasar bursa New York Exchange.

Hal itu disampaikan Shabela saat menerima kunjungan kerja pihak Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Jakarta yakni Kasubdit Sistem Resi Gudang Bappebti Yuli Edi Subagio di Takengon, Rabu, 15 Juli 2020.

“Permohonan kami hendaknya pihak Bappebti melalui Kementerian Perdagangan dapat mengupayakan agar kopi arabica gayo dapat dimasukkan menjadi salah satu dari sekian banyaknya daftar komoditi yang diperdagangkan pada bursa New York Exchange,” kata Shabela Abubakar saat pertemuan di ruang kerjanya.

Tujuannya kata Shabela adalah agar kopi arabica gayo memiliki harga acuan dasar yang dapat dijadikan pedoman untuk perdagangan internasional.

Selama ini kata dia ekspor komoditi unggulan daerah tersebut hanya berpatokan pada harga perdagangan kopi di pasar Columbia Mild.

“Sehingga kita tidak mengikuti atau mengacu pada harga kopi Columbia Mild lagi di pasar New York Exchange,” tutur Shabela. (ANT)

Shares: