News

Aceh Terpapar Kabut Asap, Warga Diimbau Kurangi Aktivitas di Luar Ruangan

Ilustrasi kabut asap | Foto Detik

BANDA ACEH (popularitas.com) – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Sunawardi, mengimbau warga Aceh untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Imbauan ini disampaikan terkait pekatnya kabut asap kiriman akibat kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di sejumlah provinsi di Sumatera.

“Bila kondisi asap menebal, gunakanlah masker sebagai langkah menghindari terhirup langsung asap yang berdampak buruk bagi kesehatan,” kata Sunawardi, Senin, 23 September 2019.

Dia juga mengingatkan agar masyarakat banyak mengonsumsi air putih dan buah-buahan. Selain itu, jika ada warga yang terkena gejala sesak, batuk, dan mata perih agar segera konsultasi ke dokter. “Jika memungkinkan agar dapat mengurangi kegiatan di luar rumah untuk sementara waktu,” ujarnya lagi.

Seperti diketahui, cuaca mendung akibat kabut asap kiriman melanda hampir seluruh Aceh sejak 16 September 2019. Akibatnya jarak pandang menipis dan dikhawatirkan berdampak pada kesehatan.

Informasi yang diterima dari BMKG Stasiun Blang Bintang menyebutkan kabut asap kini tersebar merata di seluruh Aceh, dengan tingkat kepekatan berbeda-beda.* (RED)

Shares: