News

BMKG: Dua Bandara di Aceh Terdampak Kabut Asap

Kabut asap akibat Karhutla di sejumlah provinsi Sumatera turut mengganggu jarak pandang di Kota Banda Aceh. Foto dari Jembatan Lamnyong, Darussalam, Senin, 23 September 2019 | Foto: Al Asmunda

BANDA ACEH (popularitas.com) – Kabut asap yang melanda seluruh Provinsi Aceh akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumatera, turut berdampak pada aktivitas transportasi udara di beberapa wilayah di Tanah Rencong.

Bandara yang terdampak pekatnya kabut asap itu adalah Malikussaleh (Lhokseumawe) dan Rembele (Bener Meriah).

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Aceh, Zakaria, menyebutkan Kabupaten Bener Meriah tercatat berjarak pandang sekitar 800 meter. Sementara Kota Lhokseumawe dan sekitarnya antara lain, kabupaten Aceh Utara, Aceh Timur, Langsa, dan Aceh Tenggara sekitar 1.000 hingga 4.000 meter.

“Sebenarnya untuk dua daerah itu sudah mengganggu transportasi. Tapi itu tergantung Air Traffic Control (ACT) bandara juga, mau membatalkan atau bagaimana,” kata Zakaria, Senin, 23 September 2019.

Sementara untuk bandara internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) di Blangbintang, Aceh Besar, terang Zakaria belum menyebabkan aktivitas penerbangan terganggu.

“Jarak pandangnya berkisar antara 7.000 hingga 9.000 meter, begitu juga dengan Kota Sabang, ini belum mengganggu penerbangan maupun transportasi penyeberangan,” ujarnya. (ASM)

Shares: