News

Ajak Melek Literasi, UKPM Sumberpost Gelar PJTD Secara Virtual

POPULARITAS.COM – Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKPM) Sumberpost kembali menggelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) 2021 dengan mengusung tema “Ubah Dunia Melalui Literasi” secara virtual via Zoom, Sabtu (25/9/2021).

Pelatihan tersebut merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh UKPM Sumberpost dengan tujuan melatih dasar-dasar jurnalistik, menulis, memberikan pemahaman seputar dunia pers, serta mengajak para milenial agar melek literasi.

Pada pelatihan tersebut Sumberpost turut menghadirkan dua pemateri, yakni Hotli Simanjuntak dari European Pressphoto Agency sebagai pemateri bidang Fotografi, dan Zulkarnaini Masry yang merupakan Jurnalis Harian Kompas sebagai pemateri penulisan straight news.

Hotli Simanjuntak, dalam pemaparanny menjelaskan terkait dasar-dasar foto jurnalistik. Ia membagikan langkah-langkah dalam mempersiapkan diri sebelum melakukan pemotretan foto jurnalistik.

Sementara itu, Zulkarnaini yang juga Koordinator FJL Aceh menjelaskan, bahwa dalam menulis sebuah berita sangat penting bagi wartawan untuk memverifikasi data agar tidak menyajikan berita bohong atau hoax.

“Tugas wartawan bukan hanya menulis berita untuk diketahui oleh publik, tapi tugas wartawan yang sangat penting adalah verifikasi,” ujarnya.

Selain itu, Pimpinan Umum Sumberpost, Rianza Alfandi menyampaikan, dengan adanya PJTD Sumberpost 2021 ini para anak muda yang bergeliat di dunia kampus akan semakin peka terhadap pembangunan minat literasi, karena melalui literasi mahasiswa dan kaum muda lainnya akan memperoleh berbagi informasi.

“Harapannya apa yang dibahas dalam kegiatan kita ini nanti dapat menjadi satu hal yang patut dikenang dan diamalkan,” kata Rianza.

Di samping itu, salah seorang peserta asal Papua, Thomas Alva Edison mengatakan, dirinya mengaku sangat puas akan kegiatan PJTD Sumberpost. Kendati di tengah kesulitan jaringan, ia juga berharap kegiatan ini dapat dipertahankan dan sering-sering untuk dilakukan.

“Kita sangat puas, pematerinya hebat-hebat dan acaranya pun juga sangat membantu kita untuk memahami dasar dalam penulisan berita, dan cara menseleksi mana berita bentulan dan mana berita hoax,” tutur Thomas.

Kegiatan ini diikuti oleh 190 peserta dari berbagai lembaga yang ada di Aceh khususnya dan juga beberapa mahasiswa dari perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Hasni Hanum, selaku ketua panitia menjelaskan bahwa melalui literasi, orang dapat menguasai informasi sehingga mampu menaklukkan dunia.

“Literasi mengacu pada kemampuan membaca, menulis dan mempergunakan berbagai media sebagai sumber belajar secara kritis. Orang yang bisa menaklukkan dunia yaitu yang mampu menguasai informasi dan informasi kita dapatkan dengan cara membaca, menulis, dan melihat dari berbagai media, sehingga itulah mengapa dengan literasi dapat mengubah dunia,” jelasnya.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Wakil Rektor III, Saifullah, yang diwakili oleh Wakil Dekan III Fakultas Tarbiyah, Syahminan.

Shares: