News

Alumni USK bertambah menjadi 152.144 orang

Para wisudawan USK berjalan memasuki ruangan untuk mengikuti upacara wisuda ke 158 di gedung AAC Dayan Dawood, Darussalam, Banda Aceh, Rabu (9/8/2023). Foto: USK

POPULARITAS.COM – Universitas Syiah Kuala (USK) melalui Sidang Terbuka mewisudakan sebanyak 1.607 lulusan Sarjana, Pendidikan Profesi, Spesialis, Pascasarjana dan Diploma untuk periode Mei–Juli 2023 di Gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh.

Rektor USK, Prof Marwan dalam sambutannya mengatakan, wisuda kali ini USK melaksanakannya dalam dua hari. Di mana pada hari ini, Rabu (9/8/2023), USK melepas 761 lulusan. Lalu 850 lulusan lainnya akan dilepas pada Kamis (10/8/2023).

“Adapun dari 1.607 lulusan yang diwisuda tersebut, 567 di antaranya berhasil lulus dengan predikat pujian, atau cumlaude. Dengan prosesi wisuda hari ini, maka jumlah alumni Universitas Jantong Hatee Rakyat Aceh saat ini menjadi 152.144 orang,” ucap Rektor.

Prof Marwan mengatakan, kemudahan teknologi hari ini seyogyanya dimanfaatkan sebaik mungkin untuk berinovasi, dan menjemput karier dengan berbagai kreativitas digital. Karena itu, ia berpesan kepada wisudawan, untuk terus mengasah diri, dan meningkatkan kompetensinya.

“Jangan pernah merasa cukup dengan ilmu yang telah saudara miliki sekarang, teruslah melanjutkan studi, belajar hal-hal baru dari berbagai sumber. Di sisi lain, para lulusan perguruan tinggi juga dituntut untuk mengubah pola pikir dari konservatif menuju pola pikir yang kreatif dan inovatif,” pesan Prof Marwan.

USK senantiasa berupaya mengubah mindset mahasiswa dan alumni, dari tujuan mereka sebagai pencari kerja, menjadi pencipta lapangan kerja baru. Salah satu upaya USK adalah melalui program 1000 Wirausaha Muda USK yang telah diluncurkan pada bulan Maret lalu. Lalu pada bulan Juni, kampus ini juga telah me-launching Program Wirausaha Merdeka (WMK). Sejumlah kolaborasi telah USK lakukan, dengan berbagai pihak untuk mendukung program ini. Seperti dengan Bank Syariah Indonesia, PT. Pos maupun Pegadaian Syariah.

“Semua yang kita lakukan ini, merupakan ikhtiar USK untuk mendorong kemandirian bagi mahasiswanya maupun setelah mereka lulus,” pungkas Rektor.

Proses wisuda hari ini berlangsung lebih semarak, karena dari total wisudawan yang dilepas, dua di antaranya adalah mahasiswa asing dari negara Afrika, Edward Nicholas, Gambia, dan Filiberto Milia Mayiani, Kenya. Keduanya menyandang gelar Sarjana Ekonomi (S.E), setelah menyelesaikan studi di prodi internasional Ekonomi Pembangunan maupaun Ekonomi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis USK.

“Hari istimewa dalam hidup saya. Sebuah perjalanan hidup yang menakjubkan. Lewat pendidikan saya bisa tiba di Aceh, Indonesia, dan menjadi sarjana di USK,” ucap Edward Nicholas, wisudawan USK asal Gambia.

Sedangkan esok (Kamis), mahasiswa dari Fakultas Teknik USK, Mariamma Badjie asal Gambia juga akan wisuda, dengan memperoleh gelar Sarjana Teknik (S.T). Setelah menyelesaikan studinya pada prodi Teknik Sipil. Sebelumnya, USK juga telah meluluskan 10 mahasiswa asing dengan predikat cumlaude.

Untuk diketahui, saat ini, sekitar 80 mahasiswa asing masih menjalankan studinya di USK. Keberadaan mahasiswa asing tersebut setidaknya menunjukkan USK telah meluaskan kiprahnya, baik di tingkat nasional hingga dunia internasional.

Shares: