News

Amerika Serikat gunakan pesawat angkut C-130 kirim bantuan kemanusiaan ke Gaza

Bantuan udara Amerika Serikat, parasut tak mengembang, lima warga Palestina tewas
Ilustrasi pesawat menerjunkan bantuan kemanusiaan via udara. (ANTARA/Anadolu.)

POPULARITAS.COM – Pesawat angkut militer C-130 milik Amerika Serikat, terjunkan sebanyak 38.000 makanan lewat udara ke Gaza. Bantuan tersebut untuk pertama kalinya dikirimkan negara paman Sam itu semenjak perang Israel dan Palestina pada Oktober 2023 lalu.

Dikutip dari laman Antara, Minggu (3/3/2023), pesawat-pesawat angkut militer AS itu, menerjukan lebih dari 38 ribu makanan sepanjang garis pantai di Gaza. Hal itu memungkinkan warga sipil untuk dapat mengakses bantuan tersebut.

Pengiriman bantuan kemanusian itu sendiri, berlangsung pada 2 Maret 2024 pada pukul 15.00 dan 17.00 waktu setempat dan dilakukan oleh angkatan udara AS dan AU Kerajaan Yordania, kata CENTCOM.

“Kami sedang melakukan perencanaan untuk misi pengiriman bantuan udara lanjutan. Pengiriman bantuan melalui udara ini adalah bagian dari upaya berkelanjutan untuk mengirimkan lebih banyak bantuan ke Gaza, termasuk dengan memperluas aliran bantuan melalui koridor dan rute darat,” kata CENTCOM.

Menurut beberapa laporan, pengiriman bantuan lewat udara ini dilaksanakan di kota Rafah, Gaza dekat perbatasan dengan Mesir, dan lebih banyak bantuan lewat udara akan dikirimkan dalam beberapa hari ke depan.

Sebelumnya, Presiden Joe Biden pada Jumat mengumumkan bahwa AS akan mulai menerjunkan bantuan kemanusiaan ke Gaza di sepanjang Yordania dan negara-negara lain.

Dia juga mengatakan AS akan berusaha membuka jalan lain ke Gaza, termasuk kemungkinan koridor laut untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan dalam jumlah besar.

Selain itu, untuk memperluas pengiriman melalui darat, Biden mengatakan AS akan memaksa Israel memfasilitasi lebih banyak truk dan rute ke wilayah kantung yang terkepung itu.

Bantuan lewat udara tersebut dilakukan dua hari setelah pasukan Israel menembaki kerumunan warga Palestina yang menunggu bantuan kemanusiaan di bundaran Al Nabulsi di Jalan Al Rashid, sebuah jalan pantai utama di sebelah barat Kota Gaza di Gaza utara, yang menewaskan lebih dari 100 orang dan melukai lebih dari 760 orang.

Shares: