News

Amerika Serikat tuding Korut jual senjata ke Rusia

Amerika Serikat tuding Korut jual senjata ke Rusia
Jake Sullivan, penasihat keamanan nasional AS, 2021. (ANTARA/Shutterstock)

POPULARITAS.COM – Amerika Serikat menuding Korea Utara jual senjata ke Rusia. Hal tersebut disampaikan Penasihat Keamanan Nasional Jake Sulivan, dalam keterangannya kepada wartawan di Gedung Putih, Selasa (5/9/2023) waktu setempat.

Dalam pernyataannya dikutip dari laman Antara, Jake Sulivan peringatkan Korea Utara untuk tidak jual senjata ke Rusia. Jika hal tersebut dilakukan, maka mereka akan menanggung akibatnya dalam tatanan masyarakat Internasional.

Sullivan mengingatkan Korea Utara tidak patut  menyediakan persenjataan bagi Rusia untuk digunakan di medan perang.

Senjata-senjata itu, menurut dia, bisa jadi dipakai untuk menyerang gudang-gudang gandum dan  fasilitas pemanas di kota-kota besar Ukraina ketika seuma pihak bersiap menghadapi musim dingin.

Dia menilai serangan semacam itu kemungkinan dilancarkan Rusia untuk menguasai “wilayah milik sebuah negara berdaulat”.

Sullivan mengungkapkan Amerika Serikat sudah berusaha menyadarkan Korea Utara agar jangan sampai menjual senjata kepada Moskow.

Dia juga menyatakan Amerika Serikat “akan terus mencari cara  guna menghalangi Korea Utara mengambil langkah ini.”

Pekan lalu Gedung Putih menyatakan pembicaraan rahasia antara Rusia dan Korea Utara soal memasok senjata kepada Rusia untuk perang di Ukraina “semakin maju”.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby mengatakan intelijen Amerika Serikat memperoleh  petunjuk bahwa Moskow sedang mencari pasokan peluru artileri dan bahan mentah untuk memperkuat basis industri pertahanan Rusia yang sedang didera sanksi.

Desember tahun lalu, Gedung Putih mengatakan bahwa tentara bayaran Wagner Group dari  Rusia menerima kiriman persenjataan dari Korea Utara.

Maret tahun ini Gedung Putih juga menyebutkan bahwa Rusia sedang mengupayakan skema barter makanan dengan senjata Korea Utara.

Koran New York Times pada Senin (4/9) melaporkan bahwa Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un akan menemui Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow bulan ini untuk membicarakan kemungkinan menjual langsung senjata ke Rusia.

Sullivan tak langsung memastikan kebenaran laporan tersebut, namun dia menegaskan bahwa pemimpin Korea Utara menganggap pembicaraan soal penjualan senjata dengan Rusia berpotensi melibatkan pemimpin kedua negara itu.

Shares: