News

Anak buah Panglima TPNPB-OPM ditangkap

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno di Timika, Selasa, 20 Februari 2024. (Beritasatu.com/Sevianto Pakiding)

POPULARITAS.COM – Satgas Operasi Damai Cartenz-2024 menangkap anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) bernama Alenus Tabuni, yang ternyata merupakan anak buah panglima tertinggi TPNPB-OPM Goliath Tabuni.

Alenus Tabuni alias Kobuter ditangkap saat sedang berbaur dengan sekelompok warga di dekat Puskesmas Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Minggu (18/2/2024).

“Alenus Tabuni ini merupakan KKB aktif yang merupakan anak buah langsung dari Goliath Tabuni,” kata Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno di Timika, Selasa (20/2/2024), dikutip dari beritasatu.com, jaringan popularitas.com.

Belakangan, Alenus terlibat dalam serangkaian aksi bersama KKB pimpinan Numbuk Telenggen di Puncak. Dia meninggalkan markas besarnya di bawah pimpinan Goliath Tabuni yang dikenal sebagai panglima tertinggi TPNPB-OPM.

“Pada saat kami tangkap, Alenus Tabuni ini sedang bergabung dengan kelompok Numbuk Telenggen. Kami memiliki beberapa dokumentasi yang menunjukkan Alenus aktif membawa senjata api milik Numbuk Telenggen,” tutur Bayu.

AKBP Bayu menyebut, Alenus juga terlibat dalam serangan penembakan terhadap aparat TNI/Polri serta masyarakat di wilayah Kabupaten Puncak, khususnya di distrik Ilaga dan sekitarnya.

“Yang bersangkutan juga masuk dalam daftar pencarian orang atau DPO,” jelas Bayu.

Shares: