News

AS umumkan paket bantuan militer terbaru untuk Ukraina senilai Rp6 trilun

Usai ditetapkan KPU sebagai Presiden RI, Menlu AS Antony Blinken beri ucapan Selamat kepada Prabowo Subianto
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony J. Blinken. (ANTARA/HO-Departemen Luar Negeri AS/am)

POPULARITAS.COM – Pemerintah Amerika Serikat dibawah kepemimpinan Presiden Joe Biden, kembali umumkan paket bantuan militer untuk Ukraina senilai Rp6 triliun atau setara US 400 juta dolar.

Paket bantuan itu, secara resmi disampaikan oleh Pemerintah Amerika Serikat melalui Menteri Luar Negeri Anthony Blinken, Sabtu (4/3/2023), dikutip dari laman Antara.

Anthony Blinken menuturkan, paket bantuan yang diberikan pihaknya kepada Ukraina, didanai dari Presidential Drawdown Authority, yang memungkinkan pengiriman barang dan jasa dari Departemen Pertahanan AS untuk dikirimkan tanpa persetujuan Kongres dalam menanggapi situasi darurat.

Paket bantuan militer tersebut mencakup lebih banyak amunisi untuk Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi atau peluncur rudal (HIMARS) dan howitzer, kata Blinken dalam pernyataan tertulis di situs web Departemen Luar Negeri AS.

Selain itu, dalam paket bantuan pertahanan dari AS untuk Ukraina tersebut, ada juga amunisi untuk Kendaraan Tempur Infanteri Bradley, jembatan peluncuran kendaraan lapis baja, peralatan dan perlengkapan penghancuran, serta pelatihan.

“Rusia dapat mengakhiri perangnya hari ini. Sampai Rusia melakukannya, kami akan bersatu dengan Ukraina dan memperkuat militernya di medan perang selama diperlukan sehingga Ukraina akan berada di posisi terkuat di meja perundingan,” kata Blinken.

Blinken menambahkan bahwa AS terus menggalang dukungan dunia untuk Ukraina dan dia memuji dukungan lebih dari 50 negara yang bersatu dalam solidaritas bersama Ukraina untuk mempertahankan kedaulatan dan integritas wilayahnya.

Sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari 2022, AS telah mengirimkan bantuan peralatan militer senilai lebih dari 30 miliar dolar AS (sekitar Rp458 triliun) ke Ukraina, menurut Pentagon.

Ini merupakan yang ke-33 kalinya pemerintahan Presiden AS Joe Biden mengesahkan bantuan untuk Ukraina dengan menggunakan wewenang Presidential Drawdown Authority.

Editor : Hendro Saky

Shares: