NewsPolitik

Bakal caleg DPRA Partai Aceh didominasi lulusan SMA

Bakal caleg DPRA Partai Aceh didominasi lulusan SMA
Partai Aceh saat mendaftarkan bakal calegnya ke KIP Aceh di Banda Aceh, Kamis (11/5/2023). Foto: Riska Zulfira/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Partai Aceh mendaftarkan 92 orang bakal caleg DPRA ke KIP Aceh di Banda Aceh, Kamis (11/5/2023). Dari jumlah ini, 50 di antaranya merupakan lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Sementara sisanya yaitu Strata 1 (S1) sebanyak 29 orang, Strata 2 (S2) sebanyak sembilan orang dan Strata 3 (S3) sebanyak empat orang.

Meski didominasi lulusan SMA, Juru Bicara Partai Aceh, Nurzahri kepada wartawan, Kamis (11/5/2023), memastikan bahwa para caleg yang didaftarkan itu tak ada dari lulusan Paket C.

Untuk diketahui, Paket C adalah ujian nasional pendidikan kesetaraan bagi mereka yang ingin mendapat ijazah setara SMA tanpa mengikuti pendidikan formal.

“Kami ingin menghilangkan pandangan orang dahulu bahwa partai lokal ini partainya paket C, kami buktikan bahwa kami dari aspek pendidikan, aspek kapasitas dan aspek kapabilitas, kami mempunyai kompetensi yang lebih dari partai-partai lainnya,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Partai Aceh, Kamaruddin Abubakar atau yang akrab disapa Abu Razak menyebutkan, bacaleg DPRA yang akan bertarung pada pesta demokrasi mendatang hampir 60 persen merupakan wajah baru. Namun Partai Aceh tetap memberikan prioritas bagi incumbent.

“Hampir 60 persen wajah baru di dalam kontestasi di DPR Aceh sedangkan sisanya incumbent ada 16 orang dari mantan-mantan anggota DPR Aceh sebelumnya,” sebut Abu Razak.

Kemudian, katanya keterlibatan perempuan di Partai Aceh capai 30,21 persen. Artinya itu melebihi target yang hanya ditetapkan 30 persen.

“Yang jadi persyaratan 30, tapi ada lebih. Jika diminta Insyaallah ada,” pungkasnya.

Shares: