Dinas Kebudayaan dan Pariwisata AcehNews

Banda Aceh juara tiga Aceh Culinery Festival

Aceh Culinery Festival (ACF) 2023

POPULARITAS.COM – Kota Banda Aceh meraih juara tiga pada ajang Aceh Culinery Festival (ACF) 2023 kategori Lomba Masak Koki Aceh Indonesia yang diselenggarakan pada tanggal 14-17 Juli 2023 di Taman Sultanah Safiatuddin, Banda Aceh.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Banda Aceh Said Fauzan dalam keterangannya, Selasa (18/7/2023).

“Alhamdulillah, kolaborasi antara Dispar Kota Banda Aceh dan UMKM Gampong Lampulo pada kegiatan ACF ini meraih juara tiga dari 10 kabupaten/kota,” kata Said.

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dispar Kota Banda Aceh, Iin Muhaira mengatakan selama kegiatan ACF ini berlangsung pihaknya terus memberikan yang terbaik sehingga dapat memenangkan perlombaan tersebut.

Kata Iin, untuk tahun ini pihaknya menggait UMKM gampong sebagai cara untuk membangkitkan perekonomian di Kota Banda Aceh.

“Kita memberi kepercayaan kepada usaha kecil menengah untuk bisa terus mengembangkan produktifitas dan kreatifitas serta pengembangan sumber daya manusianya,” kata Iin.

Sementara itu, Keuchik Gampong Lampulo Alta Zaini sangat mengapresiasi Dispar Banda Aceh yang sudah mempercayai Gampong Lampulo untuk berkolaborasi dalam kegiatan ini.

Untuk informasi, piala tersebut diserahkan oleh Anggota Komisi X DPR RI Illiza Sa’aduddin Djamal kepada Keuchik Gampong Lampulo Alta Zaini.

Sebagai informasi, pelaksanaan ACF yang digagas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh ini telah memasuki tahun kesembilan. ACF kembali konsisten dengan kembali terpilih sebagai top 10 event nasional atau masuk kalender Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023 oleh Kemenparekraf RI.

ACF juga menunjukkan keragaman kuliner Aceh sekaligus turut berkontribusi dalam meningkatkan kesiapan para pelaku industri kuliner untu dapat mendorong Aceh masuk salah destinasi wisata kuliner unggulan di Indonesia.

Tahun ini ACF akan menyajikan rangkaian parade tradisi khas Aceh mulai dari prosesi adat khanduri dan juga menerapkan gerakan festival kuliner ramah lingkungan, seperti membawa alat makanan dan minuman sendiri, membuang sampah pada tempatnya, serta membawa kantong belanja sendiri.

Shares: