News

Bangkai gajah jantan ditemukan di Aceh Tengah

Bangkai gajah jantan ditemukan di Aceh Tengah, BKSDA : gadingnya hilang
Bangkai gajah berjenis kelamin jantan yang ditemukan mati di Desa Karang Ampar, Ketol, Aceh Tengah, Sabtu (9/3/2024). FOTO : BKSDA

POPULARITAS.COM – Bangkai gajah berkelamin jantan ditemukan di Desa Karang Ampar, Ketol, Aceh Tengah, Sabtu (9/3/2024). Balai Konservasi Sumber Daya Alam Aceh (BKSDA) sendiri, telah turun ke lokasi untuk melakukan nekropsi (bedah bangkai), untuk mencari sebab kematian hewan dilindungi tersebut.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Lhokseumaweu, Kamarudzaman, dalam keterangannya kepada popularitas.com, Selasa (12/3/2024) mengatakan, saat turun ke lokasi dan melakukan nekropsi, didapati kondisi bangkai gajah terdapat bekas luka.

Dia menjelaskan bahwa, pihaknya mendapatkan informasi dari warga perihal temuan adanya gajah yang mati. Nah, tim BKSDA dan didukung kepolisian langsung bergerak ke TKP.

Saat kami tiba, kata Kamarudzaman, bangkai gajah ditutupi dengan ranting-ranting pohon. Selain itu juga, terdapat bekas luka pada bagian tubuh hewan tersebut.

Sebelumnya di Pidie Jaya, polisi telah menetapkan seorang tersangka atas kejahatan satwa liar yakni ML (35), warga asal Aceh Utara.  Ia jadi tersangka usai sengaja memasang jerat listrik bertegangan tinggi yang menjerat seekor gajah di sana hingga mati. Sementara, kematian gajah yang terjadi di Nagan Raya hingga saat ini belum diketahui pasti penyebabnya.

Shares: