News

Banjir rendam puluhan rumah di pedalaman Aceh Barat

Kondisi rumah warga di Desa Seumantok, Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat, terancam amblas ke sungai akibat erosi dan sering menyebabkan banjir air sungai meluap, Sabtu (6/5/2023). (ANTARA/HO)

POPULARITAS.COM – Puluhan rumah warga di Desa Seumantok, Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat, hingga kini masih direndam banjir akibat hujan lebat.

“Ada sekitar 41 kepala keluarga yang terdampak banjir luapan air sungai,” kata Camat Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat, Zulkarnain, dikutip dari laman Antara, Sabtu (6/5/2023).

Menurutnya, persoalan banjir yang dialami masyarakat di Desa Seumantok, Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat, selama ini telah sering terjadi, khususnya saat hujan lebat.

Dalam sepekan ini saja, kata Zulkarnain, telah dua kali puluhan rumah warga di kawasan tersebut terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 50 sentimeter di atas badan jalan, dan merendam rumah warga.

Ia menyebutkan, penyebab banjir yang terjadi di kawasan tersebut karena tebing sungai di kawasan tersebut terus digerus erosi, sehingga mengancam rumah dan pemukiman masyarakat.

Camat Zulkarnain mengatakan selain persoalan banjir, pihaknya mengharapkan agar persoalan terjangan erosi di Desa Seumantok, Kecamatan Pante Ceureumen dapat segera diatasi pihak terkait.

Menurutnya, sepanjang 100 meter tebing sungai di kawasan tersebut diharapkan segera ditangani dengan batu bronjong, sehingga erosi tidak lagi terjadi.

“Persoalan banjir dan erosi ini telah sering dirasakan masyarakat, kami berharap segera ada penanganan serius dari pihak terkait,” kata Camat Zulkarnain mengharapkan.

Sementara itu, Kepala Desa (Keuchik) Seumantok, Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat, Kasri mengatakan pihaknya berharap agar persoalan banjir dan erosi yang terjadi di desa mereka segera ada penanganan dari pemerintah daerah.

“Harapannya persoalan bencana alam ini segera diatasi, kami berharap perhatian pemerintah daerah agar segera mengatasi keluhan ini,” kata Kasri penuh harap.

Shares: